KARTIKASARI, ANA (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 GULI KECAMATAN NOGOSARI KABUPATEN BOYOLALI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ANA KARTIKASARI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
ANA KARTIKASARI. NPM 21126023. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika
Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada Siswa
Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Guli Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
Matematika. Hal tersebut disebabkan kurangnya pemahaman konsep Matematika
siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui model
pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) dapat meningkatkan hasil
belajar matematika pada peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Guli Kecamatan
Nogosari? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran
Auditory Intelectually Repetition (AIR) dapat meningkatkan hasil belajar
matematika pada materi geometri bab segi banyak kelas IV SD Negeri 1 Guli
Kecamatan Nogosari.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan
sebanyak dua siklus. Subjeknya adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Guli Kecamatan
Nogosari dengan jumlah siswa sebanyak 9 anak dengan rancangan tindakan
penelitian meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilaksanakan melalui tes, observasi,
dan dokumentasi.
Hasil analisis peningkatan nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran
matematika mengalami peningkatan yang signifikan pada tiap siklus. Pada proses
pembelajaran Pra Siklus diperoleh persentase sebesar 44,44% dengan ketuntasan
siswa hanya 4 siswa, pada proses penelitian Siklus I perolehan persentase
keberhasilan adalah 66,67% dengan 6 siswa. siklus II dilakukan dengan
mengoptimalkan proses pembelajarann menggunakan model pembelajaran
Auditory Intelectually Repetition (AIR) dan mendapat nilai persentaase
keberhasilan sebesar 88,89%. Nilai pada Siklus II menunjukkan bahwa indikator
keberhasilan telah memenuhi kriteria yaitu 80%. Dari proses yang dilakukan tidak
hanya hasil belajar yang mengalami peningkatan namun kegiatan guru dan siswa
pada proses pembelajaran juga mengalami peningkatan. Kesimpulannya bahwa
model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) sangat efektif
meningkatkan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya
model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) dapat digunakan
sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 01:57 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 01:57 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4160 |