PENGEMBANGAN E-MODUL BERMUATpAN EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) PADA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS

HANDAYANI, INDAH BUDI (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERMUATpAN EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) PADA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of INDAH BUDI HANDAYANI.pdf] Text
INDAH BUDI HANDAYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Handayani, Indah Budi. 2024. Pengembangan E-Modul Bermuatan
Education for Sustainable Development (ESD) pada Materi Perkembangbiakan
Tumbuhan untuk Meningkatkan Literasi Sains. Semarang: Pascasarjana
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I: Dr. Ary Susatyo Nugroho, S.Si.,
M.Si. Pembimbing II: Dr. M. Syaipul Hayat, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul bermuatan
Education for Sustainable Development (ESD) pada materi perkembangbiakan
tumbuhan yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research
and Development). Uji penelitian yang digunakan adalah: (1) validasi emodul oleh
ahli materi, media, dan sains, (2) uji kepraktisan oleh praktisi pendidikan dan
peserta didik, (3) uji efektivitas e-model menggunakan uji N-Gain, uji T, dan Uji
Cohen_d. Uji soal literasi sains dilakukan uji validitas dan reliabilitas, uji daya
pembeda, uji tingkat kesukaran, uji normalitas, dan uji homogenitas. Hasil
penelitian sebagai berikut: (1) Validasi e-Modul Bermuatan Education for
Sustainable Development (ESD) meliputi aspek materi, media, dan soal literasi
Sains pada tingkat rata-rata 3,74 atau 93,62% kategori sangat valid; (2)
Kepraktisan meliputi persepsi guru dan peserta didik pada tingkat rata-rata 3,67
atau 90,52% pada kategori sangat praktis; (3) Efektivitas e-Modul (a) berdasarkan
hasil uji N Gain diperoleh N-gain sebesar 0,63 (63%), artinya peningkatan pada
kategori cukup efektif yaitu nilai interval 56 – 75; (2) Uji t Pair menghasilkan
nilai t hitung sebesar 12,008 > t Tabel (1,7056). Berarti ada perbedaan yang
signifikan skor Literasi Sains kelompok eksperimen sebelum dan sesudah
treatment; (3) uji efektivitas Cohen d adalah 3,085 dan ukuran efek 0.839,
dengan efektivitas yang relatif besar (0.8 +). Berdasarkan perhitungan tersebut,
dapat disimpulkan bahwa E-Modul Bermuatan Education for Sustainable
Development (ESD) memiliki efektif yang relatif besar dalam meningkatkan
Literasi Sains tentang Perkembangbiakan Tumbuhan kelompok eksperimen.
Kata kunci: e-modul, Education for Sustainable Development, validitas,
kepraktisan, efektivitas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jul 2024 02:25
Last Modified: 24 Jul 2024 02:25
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4158

Actions (login required)

View Item
View Item