Riyanto, Agung (2024) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROJEK IPAS DENGAN PENDEKATAN STEAM-ESciT BERORIENTASI ESD UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Agung Riyanto.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (22MB)
Abstract
Riyanto, Agung. 2024. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Projek IPAS
Dengan Pendekatan STEAM-ESciT Berorientasi ESD Untuk Meningkatkan
Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa SMK”. Pembimbing: (1) Dr. Harto
Nuroso, M.Pd, (2) Dr. Fenny Roshayanti, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, validitas, kepraktisan dan
efektivitas perangkat pembelajaran projek IPAS dengan pendekatan STEAM-ESciT
berorientasi ESD terhadap peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa SMK pada aspek
zat dan perubahannya. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Research and Development (R&D) dengan model desain pengembangan ADDIE yang
terdiri dari lima tahap pengembangan yaitu Analysis, Design, Development,
Implementation and Evaluation. Karakteristik perangkat pembelajaran hasil
pengembangan ini adalah perangkat pembelajaran yang mengintegrasikan pendekatan
STEAM-ESciT dan ESD. Pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan STEAM-ESciT
yang merupakan integrasi antara pendekatan Science, Technology, Engineering, Art and
Mathematic (STEAM) dan pendekatan Entrepeneur Science Thinking (ESciT) dengan
model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk memfasilitasi siswa lebih kreatif
dalam menciptakan projek dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Reorientasi ESD baik
isu lokal, pengetahuan, keterampilan, perpsektif serta nilai disajikan pada permasalahan
dampak limbah deterjen terhadap lingkungan sehingga melatih siswa kreatif untuk
menemukan solusi pemecahanya untuk keberlanjutan dan keberlangsungan kehidupan
manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas modul ajar sebesar 95.24%, ATP
sebesar 95.83%, LKS sebesar 97.17% dan bahan bacaan guru dan siswa sebesar 96.67%
dengan kriteria sangat valid dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Kemudian untuk
kepraktisan modul ajar sebesar 96.08%, ATP sebesar 95.60%, LKS sebesar 97.00%, bahan
bacaan guru dan siswa sebesar 96.50%, dengan kriteria sangat praktis, selanjutnya uji
efektivitas perangkat pembelajaran terhadap peningkatan kreativitas siswa didapatkan t hitung
> t tabel (5.070 > 1.995) dengan signifikansi 0.00, sedangkan uji N-gain sebesar 72.09%,
sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran projek IPAS dengan
pendekatan STEAM-ESciT berorientasi ESD cukup efektif untuk meningkatkan kreativitas
siswa SMK pada aspek zat dan perubahannya. Kemudian efektivitas perangkat
pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar kompetensi kognitif didapatkan t hitung >
t tabel (5.746 > 1.995) dengan signifikansi 0.00, sedangkan uji N-gain sebesar 69.30%,
sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran projek IPAS dengan
pendekatan STEAM-ESciT berorientasi ESD cukup efektif untuk meningkatkan hasil
belajar kompetensi kognitif siswa SMK pada aspek zat dan perubahannya. Berdasarkan
hasil uji validitas ahli, kepraktisan dan uji efektivitas dapat disimpulkan bahwa
perangkat pembelajaran projek IPAS dengan pendekatan STEAM-ESciT
berorientasi ESD cukup efektif meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa
SMK pada aspek zat dan perubahannya.
Kata Kunci : ESD, STEAM-ESciT, Kreativitas, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 02:10 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 02:10 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4155 |