IMPLEMENTASI PRAKTIK KERJA INDUSTRI DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI COMPUTER NUMERICAL CONTROL PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMKN 4 SEMARANG

Nugroho, Abdul Malik (2024) IMPLEMENTASI PRAKTIK KERJA INDUSTRI DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI COMPUTER NUMERICAL CONTROL PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMKN 4 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Abdul Malik Nugroho.pdf] Text
Abdul Malik Nugroho.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Nugroho, Abdul Malik. 2023. Implementasi Praktik Kerja Industri dalam Peningkatan
Kompetensi Computer Numerical Control pada Program Keahlian Teknik
Pemesinan SMKN 4 Semarang” teleh dipertahankan dihadapan Sidang Panitia
Ujian Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Maryanto, M.Si, Pembimbing II
Dr. Noor Miyono, M.Si.
Praktik kerja industri (Prakerin) adalah pembelajaran bagi Peserta Didik pada
SMK/MAK, SMALB, dan LKP yang dilaksanakan melalui praktik kerja di dunia kerja
dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan dunia kerja.
Computer Numerical Control kemudian lebih dikenal dengan CNC adalah suatu sistem
otomasi mesin perkakas yang dioperasikan oleh perintah terprogram secara abstrak yang
disimpan di dalam media simpan mesin tersebut. Dengan adanya kegiatan Prakerin
diharapkan dapat meningkatkan kompetensi CNC Peserta Didik sebagai bekal memasuki
dunia kerja.
Fokus dari penelitian ini adalah implementasi praktik kerja industri dalam
peningkatan CNC pada program keahlian Teknik Pemesinan di SMKN 4 Semarang, yang
secara lebih spesifik dalam sub focus perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan praktik
kerja industri dalam peningkatan kompetensi CNC.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan mendeskripsikan
tiga tahapan, yaitu tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan, dan tahapan pengawasan
dalam peningkatan kompetensi Computer Numerical Control pada program keahlian
Teknik Pemesinan. Informan penelitian adalah Kepala Sekolah, WKS Humashubin,
Pokja Prakerin, Kaprodi Teknik Pemesinan, Guru Pembimbing Prakerin, dan Peserta
Didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi,
teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan
penarikan simpulan/verifikasi. Adapun uji keabsahan yang digunakan adalah triangulasi
sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) perencanaan dilakukan dalam beberapa kegiatan,
yaitu pemetaan DUDIKA, penetapan lokasi Prakerin, penetapan jangka waktu, pemetaan
penempatan Peserta Didik, penetapan Pembimbing Prakerin, dan pembekalan Peserta
Didik; (2) pelaksanaan Prakerin dilakukan dengan penempatan Peserta Didik di
DUDIKA, praktik kerja, dan mentoring; (3) pengawasan dilaksanakan monitoring,
penilaian, kegiatan uji kompetensi keahlian, dan evaluasi program.
Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada sekolah : (1) sekolah dapat lebih
memperkuat kerjasama dengan DUDIKA yang menggunakan mesin CNC; (2)
melibatkan Guru Normatif Adaptif dan Wali Kelas dalam kegiatan Prakerin; (3) Guru
memberikan metode pembelajaran yang lebih bervariasi, pembelajaran yang diberikan
bukan hanya penguasaan hard skill, tetapi juga soft skill.
Kata Kunci: penelitian deskriptif, hard skill, soft skill

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jul 2024 02:03
Last Modified: 24 Jul 2024 02:03
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4154

Actions (login required)

View Item
View Item