RENGGANI, SEPTINA AYU (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS 4 SD. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SEPTINA AYU RENGGANI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Kurangnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPAS dapat
disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu bahan ajar
yang digunakan oleh guru hanya mengutamakan pengamatan visual
terhadap ilustrasi yang ada di buku siswa dengan sistem
penyampaian sebagian besar berbasis ceramah. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media
pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD.
Peneliti menggunakan metode penelitian R&D (Research and
Development) dengan model ADDIE. Hasil yang diperoleh berupa:
media pembelajaran interaktif berbasis android pada mata
pelajaran IPAS kelas IV SD. Untuk mengidentifikasi kevalidan
media menggunakan instrumen validasi media dan validasi materi
sedangkan untuk kepraktisan menggunakan respon guru dan respon
siswa. Hasil yang didapatkan bahwa validasi media 0,84 masuk
dalam kriteria sangat valid, validasi materi 0,85 masuk dalam
kriteria sangat valid, respon guru 85,00% masuk dalam kriteria
sangat praktis, dan respon siswa 83,00% masuk dalam kriteria
sangat praktis. Maka, dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran interaktif sangat valid dan praktis digunakan oleh
guru dan siswa dalam proses pembelajaran IPAS kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 02:46 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 02:46 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4127 |