PENGARUH GAYA HIDUP, KECERDASAN EMOSIONAL DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP RASIONALITAS KONSUMSI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

NI’AM, SAHAL SYA’IDUN (2023) PENGARUH GAYA HIDUP, KECERDASAN EMOSIONAL DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP RASIONALITAS KONSUMSI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SAHAL SYA’IDUN NI’AM 19220029.pdf] Text
SAHAL SYA’IDUN NI’AM 19220029.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sahal Sya’idun Ni’am “Pengaruh Gaya Hidup, Kecerdasan Emosional dan
Literasi Keuangan terhadap Rasionalitas Konsumsi Mahasiswa Pendidikan
Ekonomi Universitas PGRI Semarang”, Program Studi Pendidikan Ekonomi
Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas
PGRI Semarang, 2023.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi awal yang
menunjukkan bahwa rasionalitas konsumsi mahasiswa Pendidikan Ekonomi
Universitas PGRI Semarang dengan rata-rata presentase 45%. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh gaya hidup, kecerdasan emosional
dan literasi keuangan terhadap rasionalitas konsumsi mahasiswa Pendidikan
Ekonomi Universitas PGRI Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif,
dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik dalam
pengumpulan data dengan menggunakan metode kuesioner atau angket.
Populasi dalam penelitian ini adalah 152 mahasiswa Pendidikan Ekonomi
angkatan 2020-2023. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
sebanyak 110 mahasiswa kemudian diolah menggunakan bantuan SPSS 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) gaya hidup tidak berpengaruh
terhadap rasionalitas konsumsi mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas
PGRI Semarang. 2) kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan
terhadap rasionalitas konsumsi mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas
PGRI Semarang. 3) literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap rasionalitas konsumsi mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas
PGRI Semarang. 4) gaya hidup, kecerdasan emosional dan literasi keuangan
secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap rasionalitas
konsumsi mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang.
Simpulan dalam penelitian ini bahwa gaya hidup, kecerdasan emosional dan
literasi keuangan berpengaruh sebesar 43,9% terhadap rasionalitas konsumsi
mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang, sedangkan
sisanya 56,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam
penelitian ini.
Kata Kunci : Gaya Hidup, Kecerdasan Emosional, Literasi Keuangan dan
Rasionalitas Konsumsi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 04:17
Last Modified: 05 Jan 2024 04:17
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/412

Actions (login required)

View Item
View Item