PENGARUH IKLIM SEKOLAH DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH TSANAWIYAH DI KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS

-, Muslimin (2019) PENGARUH IKLIM SEKOLAH DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH TSANAWIYAH DI KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MUSLIMIN (2).pdf] Text
MUSLIMIN (2).pdf

Download (7MB)

Abstract

Muslimin. 2019.”Pengaruh Iklim Sekolah dan Displin Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Di Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus”.Tesis.
Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sunandar, M.Pd.(2) Dr. Ghufron Abdullah, M.Pd. Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Iklim Sekolah dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja guru Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Dengan perumusan masalah, adakah pengaruh iklim sekolah terhadap kinerja guru, adakah pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru dan adakah pengaruh iklim sekolah dan disiplin kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru.
Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh iklim sekolah terhadap kinerja guru, untuk mengetahui seberapa besar disiplin kerja
berpengaruh terhadap kinerja guru, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh iklim sekolah dan disiplin kerja secara bersama-sama terhadap kinerja
guru.
Populasi penelitian ini adalah guru Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2017. Jumlahnya sebanyak 200 guru dengan sampel penelitian 133 guru. Tempat penelitian di Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus pada 7 Madrasah Tsanawiyah. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dengan teknik statistik deskriptif dan diagram batang disajikan dengan bentuk distribusi frekuensi dan persentase dengan tabel-tabel dan diagram.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan persepsi responden tentang iklim sekolah, diperoleh skor rata-rata 103,9 pada kategori tidak baik. (2) Berdasarkan persepsi responden tentang pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru diperoleh nilai rata-rata skor disiplin kerja sebesar 128,39 dan tergolong kategori cukup baik. (3) Berdasarkan persepsi responden tentang kinerja guru diperoleh nilai rata-rata 125,9 masuk pada kategori cukup baik. Sedangkan nilai korelasi (r) antara iklim sekolah dengan kinerja guru sebesar 0,543 menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara iklim sekolah dengan kinerja guru. Nilai korelasi (r) antara disiplin kerja dengan kinerja guru sebesar 0,732 menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara disiplin kerja dengan kinerja guru. Nilai korelasi (r) sebesar 0,73 pada iklim sekolah dan disipilin kerja terhadap kinerja guru, menunjukkan hubungan yang kuat antara iklim sekolah dan disiplin kerja dengan kinerja guru.
Berdasarkan derajat pengaruh variabel iklim sekolah (X) dan variabel disiplin kerja (X) terhadap kinerja guru (Y) sebesar 0,73 atau 73,0%. Angka ini menunjukkan bahwa kinerja guru (Y) secara bersama-sama (simultan) dipengaruhi oleh variabel iklim sekolah (X2) dan variabel disiplin kerja (X) sebesar73,0% sedangkan sisanya27% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Saran untuk Kepala Madrasah agar membina hubungan yang baik antara guru dengan guru, guru dengan siswa agar tercipta suasana yang kondusif di lingkungan sekolah. Disamping itu Kepala Madrasah juga memberikan contoh dalam melaksanakan disiplin dan mentaati aturan yang ada di sekolah juga mendorong kepada para guru untuk selalu meningkatkan sumber daya manusia para guru dan mendorong guru untuk melakukan pembelajaran variatif dan inovatif.

Kata kunci: Iklim Sekolah, Disiplin Kerja, dan Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:11
Last Modified: 25 Jun 2024 04:22
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4094

Actions (login required)

View Item
View Item