DAMPAK BERMAIN GAME (MOBILE LEGEND) TERHADAP KEBIASAAN PERILAKU SEHARI-HARI SISWA DI SMP NEGERI 17 SEMARANG TAHUN 2023

Husnun Aqib, Aqib (2024) DAMPAK BERMAIN GAME (MOBILE LEGEND) TERHADAP KEBIASAAN PERILAKU SEHARI-HARI SISWA DI SMP NEGERI 17 SEMARANG TAHUN 2023. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Husnun 'Aqib.pdf] Text
Husnun 'Aqib.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Dampak Bermain Game (Mobile Legend) Terhadap Kebiasaan
Perilaku Sehari-Hari Siswa di SMP Negeri 17 Semarang Tahun 2023" yang dilakukan di
Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI
Semarang pada tahun 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekhawatiran terhadap dampak bermain game
"Mobile Legend" terhadap kebiasaan perilaku sehari-hari siswa SMP Negeri 17
Semarang.
Metode penelitian ini menggunakan tehnik kualitatif deskriptif. Tehnik Sampling
pada penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu 1 Guru PJOK, 3 Orang tua
siswa kelas VII, VIII, dan IX, 5 siswa kelas VII, 5 siswa kelas VIII, dan 5 siswa kelas IX.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif
yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian
ini adalah triangulasi sumber. Analisis yang dilakukan menggunakan model analisis
interaktif.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat variasi yang signifikan dalam pola
intensitas bermain dan waktu tidur siswa. Beberapa siswa terlibat secara intensif, bahkan
hingga larut malam, yang kemungkinan mempengaruhi pola tidur dan aktivitas fisik
mereka. Interaksi sosial siswa juga terdampak negatif, di mana beberapa siswa lebih
memilih berkomunikasi melalui game daripada secara langsung di dunia nyata. Dampak
pada prestasi akademik juga teridentifikasi, dengan penurunan konsentrasi dan
penggunaan waktu belajar yang tidak efisien. Pengelolaan waktu luang siswa juga
terpengaruh, dengan sebagian besar waktu dihabiskan untuk bermain game.
Saran yang dapat diambil dari penelitian ini adalah meningkatkan kesadaran
terhadap manajemen waktu dan penggunaan teknologi yang bijak melalui edukasi aktif
kepada siswa, orang tua, dan guru. Fokusnya adalah pembatasan waktu bermain game,
peningkatan interaksi sosial di dunia nyata, serta peningkatan kualitas tidur dan aktivitas
fisik siswa.
Kata kunci: Mobile Legend, Dampak Bermain Game, Kebiasaan Perilaku, Siswa SMP,
Pengelolaan Waktu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jun 2024 02:16
Last Modified: 24 Jun 2024 02:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4061

Actions (login required)

View Item
View Item