PENGEMBANGAN MEDIA LUDO IPAS (LUPAS) BERBASIS STEAM MATERI KARAKTERISTIK WUJUD ZAT TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA KELAS IV SD

AULAWY, WAHIDATUL (2023) PENGEMBANGAN MEDIA LUDO IPAS (LUPAS) BERBASIS STEAM MATERI KARAKTERISTIK WUJUD ZAT TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA KELAS IV SD. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of WAHIDATUL AULAWY 19120070.pdf] Text
WAHIDATUL AULAWY 19120070.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah berdasarkan analisis
kebutuhan siswa bahwa rendahnya keterampilan kolaborasi siswa dan belum
adanya desain pembelajaran yang dapat memotivasi belajar siswa secara
kelompok, siswa juga mengalami kesulitan dalam memahami materi IPAS
semester gasal materi Karakteristik Wujud Zat. Selain itu siswa juga
membutuhkan media pembelajaran dalam pembelajaran, dan belum terdapat
media pembelajaran yang berbasis STEAM. Tujuan penelitian ini adalah
mengembangkan media pembelajaran Ludo IPAS (LUPAS) berbasis STEAM
materi karateristik wujud zat yang valid dan praktis, serta berpengaruh terhadap
keterampilan kolaborasi siswa kelas IV SD.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau
Research and Development (RnD) menggunakan model pengembangan ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang
dikembangkan oleh Robert Maribe Branch (2009). Media Ludo IPAS (LUPAS)
berbasis STEAM merupakan hasil pengembangan media pembelajaran dalam
bentuk permainan yang membutuhkan keterampilan kolaborasi dalam setiap
kelompok untuk menyelesaikan permainan. Penelitian ini dilakukan di SDN
Rejosari 02 Kota Semarang dengan subjek penelitian adalah 28 siswa kelas IV.
Hasil validasi media yang dikembangkan desain media dan materi dibuat
dengan tampilan yang menarik serta sesuai dengan konsep STEAM dan
karakteristik siswa kelas IV diperoleh persentase ahli media I 96,6%, ahli media II
98,3%, dan ahli materi I dan II 95% seluruhnya berkriteria “sangat layak
digunakan”. Hasil kepraktisan media mudah dan aman diterapkan oleh guru dan
siswa dalam pembelajaran secara kelompok serta memudahkan siswa untuk
memahami materi diperoleh persentase angket respon siswa 92,3% dan angket
respon guru 97,5% seluruhnya berkriteria “sangat praktis digunakan”. Media
berpengaruh terhadap keterampilan kolaborasi siswa dengan saling bekerjasama
menyelesaikan permainan, aktif berinteraksi dan komunikasi dalam kelompok,
serta menjalankan aturan dan peran sesuai tugasnya diperoleh persentase
observasi peneliti 95,8%, observasi guru 96,2%, hasil angket siswa 90%
seluruhnya berkategori “sangat kolaboratif”.
Kesimpulan penelitian ini adalah media Ludo IPAS (LUPAS) berbasis
STEAM materi Karakteristik Wujud Zat valid dan praktis, serta berpengaruh
terhadap keterampilan kolaborasi siswa kelas IV SD.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Permainan Ludo, STEAM, Keterampilan
Kolaborasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 04:11
Last Modified: 05 Jan 2024 04:11
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/406

Actions (login required)

View Item
View Item