KESALAHAN BERBAHASA DALAM PEMBELAJARAN BIPA DI PHILIPPINE NORMAL UNIVERSITY SOUTH LUZON

NISA, SHINTA TAZKIYATUN (2024) KESALAHAN BERBAHASA DALAM PEMBELAJARAN BIPA DI PHILIPPINE NORMAL UNIVERSITY SOUTH LUZON. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SHINTA TAZKIYATUN NISA.pdf] Text
SHINTA TAZKIYATUN NISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Seiring dalam pengembangannya, pembelajaran BIPA sudah dikenal di beberapa belahan dunia seperti
Filipina, salah satunya di Philippine Normal University South Luzon. Dalam kegiatan pembelajaran BIPA di
lembaga tersebut, para pemelajar seringkali mengalami kesalahan berbahasa. Oleh karena itu, penelitian ini
dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa Indonesia dalam pembelajaran BIPA di
Philippine Normal University South Luzon. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif
kualitatif. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi dan teknik simak catat. Dari
data-data yang sudah didapatkan, kemudian dianalisis menggunakan metode agih yang alat penentunya
yaitu berasal dari unsur bahasa itu sendiri dengan menggunakan metodologi hasil analisis data dengan
enam langkah metodologi analisis kesalahan yaitu berupa pengumpulan data, identifikasi kesalahan,
pengelompokan kesalahan, frekuensi tipe kesalahan, identifikasi lingkup tipe kesalahan, dan usaha
perbaikan. Selain itu, data dalam penelitian ini juga dianalisis menggunakan metode padan yang alat
penentunya bukan bagian dari bahasa. Dari kedua teknik analisis data tersebut selanjutnya akan disajikan
dengan memberikan penjelasan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan
berbahasa dalam pembelajaran BIPA di Philippine Normal University South Luzon ditemukan 20 data
kesalahan pada tataran fonologi, 3 data kesalahan pada tataran morfologi, 4 data kesalahan pada tataran
sintaksis, 9 data kesalahan pada tataran semantik, dan 10 data kesalahan pada ejaan. Oleh karena itu,
dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat dijadikan gambaran bagi pengajar BIPA untuk dapat
menciptakan pembelajaran yang tepat serta mudah dipahami oleh para pemelajar sehingga dapat
meminimalisir kesalahan berbahasa.
Kata Kunci: BIPA, Filipina, Kesalahan Berbahasa, Pembelajaran, PNUSL.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Jun 2024 07:39
Last Modified: 20 Jun 2024 07:39
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4042

Actions (login required)

View Item
View Item