PERAN LAYANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MELAKSANAKAN KONSELING INDIVIDU UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMAN 1 MRANGGEN

KHOLIFAH, SITI (2024) PERAN LAYANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MELAKSANAKAN KONSELING INDIVIDU UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMAN 1 MRANGGEN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SITI KHOLIFAH.pdf] Text
SITI KHOLIFAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

SITI KHOLIFAH. NPM 17110038. Peran Layanan Guru Bimbingan dan
Konseling Dalam Melaksanakan Konseling Individu Untuk Meningkatkan
Kemandirian Belajar Siswa SMAN 1 Mranggen. Skripsi, Program Studi
Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Dosen pembimbing 1 Dr. Heri Saptadi Ismanto, S.Pd., M.Pd. Kons. Dan
pembimbing II Dr. Padmi Dhyah Yulianti, S.Psi., M.Psi. Psikolog.
Pendidikan merupakan bagian integral dari pembangunan kehidupan
bangsa dan negara, yang tertera pada undang-undang No. 20 tahun 2003 pasal l.
Namun, terdapat beberapa kendala yang terjadi dalam mewujudkan pendidikan
antara lain kurangnya kemandirian belajar siswa. Sehingga dibutuhkan peran
guru BK dalam menangani masalah tersebut. Oleh karena itu, peneliti ingin
mengetahui bagaimana peran layanan Guru BK dalam melaksanakan konseling
individu untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMAN 1 Mranggen.
Penelitian ini menggunakan desain metode penelitian kualitatif. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pengamatan
langsung/observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data ini menggunakan
model analisis data Milles dan Huberman yakni: pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data. Penarikan kesimpulan/verifikasi. Dalam penelitian ini
menggunakan kriteria keterpercayaan creadibility yakni: ketertarikan lama,
ketekunan pengamatan dalam meneliti, dan pengujian secara triangulasi. Hasil
yang diperoleh dalam penelitian menunjukan bahwa : Peran guru BK di SMAN 1
Mranggen sangat berguna bagi siswa yang bermasalah. Guru BK mempunyai
tugas dan tanggung jawab dalam kegiatan layanan BK terhadap siswa. Kegiatan
layanan BK di sekolah merupakan kegiatan untuk membantu siswa dalam
menemukan jati dirinya. Dengan adanya Guru BK, siswa menjadi lebih baik dari
sebelumnya sehingga kemandirian belajar siswa bisa teratasi dengan baik.
Kata kunci : Peran Guru BK, Layanan Konseling Individu,
Kemandirian Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 20 Jun 2024 07:03
Last Modified: 20 Jun 2024 07:03
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4038

Actions (login required)

View Item
View Item