KOLABORASI ORANG TUA DENGAN GURU DALAM MENSTIMULASI KEMANDIRIAN ANAK: STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA KELOMPOK A TK DHARMA WANITA II SEMPU BLORA.

NURJADIDAH, SITI (2024) KOLABORASI ORANG TUA DENGAN GURU DALAM MENSTIMULASI KEMANDIRIAN ANAK: STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA KELOMPOK A TK DHARMA WANITA II SEMPU BLORA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SITI NURJADIDAH.pdf] Text
SITI NURJADIDAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

SITI NURJADIDAH. NPM 20150036. “Kolaborasi Orang Tua Dengan Guru
Dalam Menstimulasi Kemandirian Anak: Studi Deskriptif Kualitatif Pada
Kelompok A TK Dharma Wanita II Sempu Blora”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas PGRI Semarang. 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah adanya bentuk-
bentuk kolaborasi orang tua dengan guru dalam menstimulasi kemandirian anak.
Begitu juga dengan tingkat kemandirian anak yang ditunjukkan akan berbeda-
beda. Hal tersebut disebab karena kurangnya orang tua dalam motivasi, dorongan,
kepercayaan orang tua kepada anak. Hal ini tentu saja menjadi salah satu faktor
kurangnya kemandirian pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan hasil dari bentuk kolaborasi orang tua dengan guru dalam
menstimulasi kemandirian anak. Jenis penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data
pada penelitian ini adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini membahas mengenai kolaborasi orang tua dengan guru dalam
menstimulasi kemandirian anak: Studi Deskriptif Kualitatif pada kelompok A TK
Dharma Wanita II Sempu Blora. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti, orang
tua dan guru mempunyai peran penting dalam menstimulasi kemandirian anak, hal
ini dibuktikan dengan adanya kolaborasi dan dukungan yang baik mengenai pola
asuh yang diterapkan oleh orang tua di rumah dengan guru di sekolah melalui
pembiasaan akan dapat menumbuhkan kemandirian siswa yang positif sehingga
menjadi anak-anak yang mandırı darı sejak kecil. Berdasarkan hasil penelitian ini
yang dapat disampaikah adalah orang tua dapat bekerja sama dengan pihak
sekolah untuk melakukan pembiasaan di rumah terkait kegiatan yang dilakukan di
sekolah, dan rang tua menanamkan keyakinan kepada anaknya bahwa mereka
dapat melakukan sesuatu dengan sendiri. Bagi Guru diharapkan lebih dapat
menstimulasi dan mendorong kemandirian anak baik didalam kelas maupun di
luar kelas, dan menjadi guru yang tegas terhadap wali murid disekolah, mintalah
orang tua yang mengantar menunggu di luar kelas dan mengajak anak untuk
bersosialisasi dengan temannya.
Kata kunci : Kolaborasi, Pola asuh orang tua, kemandirian

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jun 2024 04:39
Last Modified: 19 Jun 2024 04:39
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4028

Actions (login required)

View Item
View Item