PENGARUH DAYA TARIK, PROMOSI DAN FASILITAS TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI WISATA CURUG BENGKAWAH KABUPATEN PEMALANG

Endryan, Salsabila Putri (2024) PENGARUH DAYA TARIK, PROMOSI DAN FASILITAS TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI WISATA CURUG BENGKAWAH KABUPATEN PEMALANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Salsabila Putri Endryan.pdf] Text
Salsabila Putri Endryan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salsabila Putri Endryan, “Pengaruh Daya Tarik, Promosi dan Fasilitas
Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisata Curug Bengkawah Kabupaten
Pemalang”. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan di Curug Bengkawah
Kabupaten Pemalang yang menyatakan bahwa jumlah pengunjung mengalami
penurunan dari tahun 2018-2022. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui
pengaruh daya tarik terhadap minat berkunjung kembali ke Curug Bengkawah di
Kabupaten Pemalang, 2) Mengetahui pengaruh promosi terhadap minat berkunjung
kembali ke Curug Bengkawah di Kabupaten Pemalang, 3) Mengetahui pengaruh
fasilitas terhadap minat berkunjung kembali ke Curug Bengkawah di Kabupaten
Pemalang, 4) Mengetahui pengaruh daya tarik, promosi dan fasilitas terhadap minat
berkunjung kembali ke Curug Bengkawah di Kabupaten Pemalang. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data regresi linier berganda
melalui uji asumsi klasik, uji t dan uji F menggunakan bantuan program SPSS.
Subyek dalam penelitian ini adalah pengunjung yang sedang berkunjung dan yang
pernah berkunjung minimal satu kali di objek wisata Curug Bengkawah Kabupaten
Pemalang. Instrument pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh daya tarik, promosi
dan fasilitas terhadap minat berkunjung kembali di Curug Bengkawah sebesar
74,2%. Secara parsial ditunjukkan hasil bahwa 1) Daya tarik berpengaruh positif
dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali ke Curug Bengkawah. 2)
Promosi berpengaruh positif dan signifian terhadap minat berkunjung kembali ke
Curug Bengkawah. 3) Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
berkunjung kembali ke Curug Bengkawah. 4) Daya tarik, promosi dan fasilitas
secara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
berkunjung kembali ke Curug Bengkawah.
Kata kunci : Daya Tarik, Promosi, Fasilitas, Minat Berkunjung Kembali

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jun 2024 04:15
Last Modified: 19 Jun 2024 04:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4026

Actions (login required)

View Item
View Item