ANALISIS MISKONSEPSI DALAM MATERI SEL PADA SISWA KELAS XI BIOLOGI DI SMA N 1 SULANG DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Nindhica, Rosa (2024) ANALISIS MISKONSEPSI DALAM MATERI SEL PADA SISWA KELAS XI BIOLOGI DI SMA N 1 SULANG DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Rosa Nindhica.pdf] Text
Rosa Nindhica.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Siswa seringkali mengalami beberapa kesalahan selama proses pembelajaran,
seperti kesalahan siswa dalam membaca materi serta mencerna soal.Pada materi sel
memiliki berbagai macam konsep yang dapat menimbulkan miskonsepsi pada
peserta didik. Miskonsepsi dapat terjadi akibat tidak sama antara konsep peserta
didik dengan konsep para ahli. Salah satu penyebab miskonsepsi ialah gaya belajar
peserta didik. Miskonsepsi membuat peserta didik salah memahami konsep
sehingga hasil yang diperoleh kurang maksimal. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel diambil
secara purposive sampling yaitu 107 peserta didik dari SMAN 1 Sulang. Instrumen
yang digunakan ialah instrumen tes diagnostik three-tier multiple choice yang
berjumlah 15 butir soal serta kuesioner/angket tertutup. Siswa kelas XI SMA N 1
Sulang memiliki rata – rata gaya belajar visual yang berjumlah 51% atau 55 siswa,
auditori 30% atau 32 siswa, dan kinestetik 19% atau 20 siswa. Jumlah miskonsepsi
pada materi sel termasuk tinggi dengan perolehan hasil rata – rata sebesar 56,14%.
Dan terdapat hubungan gaya belajar dengan tingkat miskonsepsi siswa kelas XI
SMA N 1 Sulang yang ditunjukkan sengan hasil uji korelasi antar kedua variabel.
Kata Kunci : Miskonsepsi, Gaya Belajar, Materi Sel.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QK Botany
Q Science > QL Zoology
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jun 2024 03:44
Last Modified: 19 Jun 2024 03:44
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4023

Actions (login required)

View Item
View Item