PERLINDUNGAN TERHADAP KONSUMEN DALAM BERPENDAPAT MENGKRITIK PRODUK DI MEDIA SOSIAL BERDASARKAN UU ITE

DIHARJA, REZA PRAYOGI (2024) PERLINDUNGAN TERHADAP KONSUMEN DALAM BERPENDAPAT MENGKRITIK PRODUK DI MEDIA SOSIAL BERDASARKAN UU ITE. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Reza Prayogi Diharja-20710012 - REZA PRAYOGI DIHARJA.pdf] Text
Reza Prayogi Diharja-20710012 - REZA PRAYOGI DIHARJA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis perlindungan hukum terhadap
konsumen dalam mengkritik sebuah produk di media sosial berdasarkan UU ITE.
Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif dan spesifikasi penelitian
deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data studi kepustakaan dan studi
dokumentasi. Kemudian penelitian ini menggunakan metode analisis data reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Skripsi ini juga menggunakan teori
keadilan, teori perlindungan hukum dan teori undang undang. Berdasarkan latar
belakang penelitian terhadap perlindungan kebebasan berpendapat dalam
mengkritik produk di media sosial berdasarkan UU ITE maka bisa dirumuskan
beberapa pokok permasalahan berikut yaitu : Seperti apa perlindungan yang
terdapat dalam UU ITE berkaitan dengan kebebasan berpendapat dalam mengkritik
produk ?, dan apakah UU ITE mempunyai dampak terhadap kebebasan dalam
mengkritik suatu produk di media sosial ? Berdasarkan hasil skripsi ini dapat ditarik
kesimpulan bahwa kebebasan dalam mengkritik merupakan salah satu hak asasi
manusia. Dimana hak tersebut diatur dalam undang-undang dasar. Kebebasan
mengemukakan pendapat atau kritikan tergantung pada tingkat presentase warga
negara dan kondisi yang ada pada masa sekarang. Sebagai warga negara diharapkan
dapat menggunakan haknya dalam mengkritik atau berpendapat dengan batasan dan
bijaksana mengingat negara Indonesia merupakan negara hukum dan negara yang
demokratis. Kebebasan dalam mengkritik suatu produk memiliki batasannya dan
menggunakan cara yang benar dari penyampaian informasi yang benar, bermanfaat,
dan jujur kepada masyarakat agar melahirkan kepercayaan dari publik sehingga
tidak melanggar atau bertentangan dengan norma norma dan Peraturan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 13 Jun 2024 08:27
Last Modified: 13 Jun 2024 08:27
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4004

Actions (login required)

View Item
View Item