ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS II TEMA 5 “PENGALAMANKU” SDN 4 TEGOREJO KECAMATAN PEGANDON KABUPATEN KENDAL

ABIDIN, RIZAL (2024) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS II TEMA 5 “PENGALAMANKU” SDN 4 TEGOREJO KECAMATAN PEGANDON KABUPATEN KENDAL. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of RIZAL ABIDIN.pdf] Text
RIZAL ABIDIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

RIZAL ABIDIN. NPM 18120196. “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Di Kelas II Tema 5 “Pengalamanku” SDN 4 Tegorejo Kecamatan Pegandon
Kabupaten Kendal”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pembelajaran
tematik di kelas II tema 5 “Pengalamanku” SDN 4 Tegorejo. SDN 4 Tegorejo
kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal masih menerapkan adanya pembelajaran
tematik disetiap kelas dari kelas 1-6, karena diberlakunya pembelajaran tematik
merupakan faktor penting bagi peserta didik di SDN 4 Tegorejo meningkatkan
hasil belajar yang bukan hanya pengetahuan saja akan tetapi juga keterampilan
karena dalam pembelajaran tedapat aktivitas, kreatifitas, rasa senang dan interaksi.
Penelitian ini difokuskan untuk memahami bagaimana pelaksanaan
pembelajaran tematik di kelas II tema 5 “ Pengalamanku”, materi apa saja yang
diberikan kepada siswa dan manfaat yang diberikan kepada siswa melalui
pembelajaran tematik tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan dan mengetahui manfaat serta tujuan diterapkannya
pembelajaran tematik di SDN 4 Tegorejo kecamatan Pegandon kabupaten Kendal
Hasil dari penelitian ini adalah Pelaksanaan pembelajaran tematik kelas II
di SD Negeri 4 Tegorejo sudah terlaksana cukup baik.. Hal tersebut dapat
didukung oleh beberapa tahap yaitu Perencanaan pembelajaran, yang meliputi
perumusan tujuan pengajaran, penetapan kegiatan belajar mengajar, penetapan
metode dan alat pengajaran dan penetapan pola evaluasi sudah sesuai dengan
strandar kurikulum. Pelaksanaan pembelajaran sudah terlaksana dengan baik,
yang meliputi penyampaian materi pelajaran, penggunaan metode/teknik
mengajar, penggunaan media dan alat pelajaran, penciptaan interaksi belajar
mengajar di kelas dengan baik. Evaluasi Pembelajaran yang sudah sesuai dengan
pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 13 Jun 2024 08:21
Last Modified: 13 Jun 2024 08:21
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4002

Actions (login required)

View Item
View Item