PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSUAL TEKS CERPEN LAKI – LAKI SEJATI KARYA PUTU WIJAYA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK 01KENDAL TAHUN 2022/2023

KAMDANAH, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSUAL TEKS CERPEN LAKI – LAKI SEJATI KARYA PUTU WIJAYA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK 01KENDAL TAHUN 2022/2023. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of KAMDANAH.pdf] Text
KAMDANAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan serta minimnya minat literasi
yang dimiliki oleh peserta didik kelas XI SMK N 01 Kendal tahun ajaran 2022/2023
terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, perlu dilakukan modifikasi
dalam pembelajaran dengan melakukan perubahan terhadap model pembelajaran yang
diterapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimanakah Penerapan
Model Pembelajaran Kontekstual Teks Cerpen Laki-Laki Sejati Karya Putu Wijaya
Pada Peserta Didik Kelas XI SMK N 01 Kendal Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian
ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Serta variabel dalam penelitian
merupakan variabel tunggal. Sumber data dalam penelitian ini adalah observasi dan
wawancara yang dilakukan serta hasil kerja peserta didik melalui lembar kerja analisis
unsur pembangun cerita pendek. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh
hasil dengan menganalisis penerapan model pembelajaran kotekstual dalam tiga tahap
yaitu persiapan pembelajaran, proses pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.
Kemudian dari hasil lembar kerja peserta didik dijabarkan melalui tabel hasil
pengerjaan dalam melakukan analisis terhadap unsur pembangun cerita pendek. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual perlu
dilakuakan dengan persiapan pembelajaran yang matang ditandai dengan pembuatan
modul ajar. Kemudian proses pembelajaran diketahui dan dijabarkan melalui lembar
hasil observasi pada saat pembelajaran berlangsung. Sedangkan evaluasi pembelajaran
dihasilkan dari penilaian terhadap aktualisasi persiapan dan proses pembelajaran yang
didapatkan dari penerapan modul ajar dan pengamatan terhadap jalannya proses
pembelajaran, serta hasil kerja pada lembar kerja peserta didik. Dari hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa, terjadi perubahan intensitas komunikasi yang terbangun
antar peserta didik, serta keterlibatan aktif peserta didik dalam bekerja kelompok dan
mengerjakan soal latihan. Oleh karea itu, penerapan model pembelajaran kontekstual
dapat diterapkan dalam pembelajaran cerita pendek pada peserta didik kelas XI SMK
N 01 Kendal Tahun ajaran 2022/2023.
Kata Kunci : Penerapan, Model Pmebelajaran Kontekstual, Cerita Pendek

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 13 Jun 2024 06:33
Last Modified: 13 Jun 2024 06:33
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3983

Actions (login required)

View Item
View Item