KUSUMA, DESI RIA (2024) HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 PLANTUNGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI__DESI RIA KUSUMA_17110017.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah pentingnya peran orang tua terhadap kemandirian belajar siswa di kelas VIII SMP N 1 Plantungan.
Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII di SMP N 1 Plantungan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam
penelitian berjumlah 30 siswa. Pengambilan data dengan menggunakan skala peran orang tua dan kemandirian belajar siswa. Teknik analisis data dengan
menggunakan rxy product moment.
Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara
kepercayaan diri dan penyesuian diri siswa kelas VIII SMP N 1 Plantungan. Hal ini ditunjukkan dari hasil statistik dengan menggunakan uji korelasi pearson
product moment memperoleh Hasil ini dibuktikan dengan uji korelasi product
moment, diperoleh nilai korelasi r hitung 0,4506. Sedangkan r tabel untuk jumlah sampel adalah 30 dengan taraf signifikansi 5% didapat sebesar 0,361. Oleh karena
itu, r hitung ˃ r tabel. Sehingga dapat dikatakan bahwa “ada pengaruh antara peran orang terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Plantungan”.
Dengan demikian menunjukkan bahwa semakin tinggi peran orang tua siswa maka semakin tinggi pula kemandirian belajar siswa. Saran bagi siswa hendaknya memiliki Siswa hendaknya memiliki kemandirian belajar yang baik supaya mencapai hasil yang optimis dan maksimal.
Kata kunci: peran orang tua, kemandirian belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 03:12 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 03:12 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3970 |