PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA RAKYAT BERBAHASA JAWA PADA SISWA KELAS VII A SMP N 5 PATI

RAHMAWATI, RIZKA AULIYA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA RAKYAT BERBAHASA JAWA PADA SISWA KELAS VII A SMP N 5 PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of RIZKA AULIYA RAHMAWATI 19430003.pdf] Text
RIZKA AULIYA RAHMAWATI 19430003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan model
pembelajaran Think Pair Share berbantu media audio visual terhadap kemampuan
menyimak cerita rakyat berbahasa Jawa pada siswa kelas VII A SMP N 5 Pati
tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya
kemampuan siswa kelas VII dalam menyimak cerita dan penggunaan metode atau
model pembelajaran yang kurang sesuai sehingga pembelajaran menjadi
membosankan dan siswa kurang aktif. Berhubungan dengan masalah tersebut,
maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana hasil penerapan
model pembelajaran Think Pair Share berbantu media audio visual terhadap
kemampuan menyimak cerita rakyat berbahasa Jawa pada siswa kelas VII A SMP
N 5 Pati.
Desain pada penelitian ini adalah pre-eksperimental berupa one-shoot case
study dengan hanya menggunakan satu kelas tanpa kelompok kontrol atau
pembanding. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
kuantitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara observasi
serta melalui angket (kuisoner). Sedangkan teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes.
Adapun hasil penelitian diperoleh setelah dilakukan analisis data sebagai
berikut: hasil penelitian menjelaskan bahwa pada aspek pengetahuan terdapat 29
siswa atau 85% yang mencapai KKM, sedangkan 5 siswa atau 15% belum
mencapai KKM, dengan nilai rata-rata kelas sebesar 81,98. Pada aspek
keterampilan terdapat 30 siswa atau 88% yang mencapai KKM, sedangkan 4
siswa atau 12% belum mencapai KKM, dengan nilai rata-rata kelas sebesar 82,08.
Dengan demikian penerapan model pembelajaran Think Pair Share berbantu
media audio visual terhadap kemampuan menyimak cerita rakyat berbahasa Jawa
pada siswa kelas VII A SMP N 5 Pati dapat memberikan pengaruh terhadap
ketercapaian pembelajaran
Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Pair Share, Kemampuan Menyimak,
Teks Cerita Rakyat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:53
Last Modified: 05 Jan 2024 03:53
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/397

Actions (login required)

View Item
View Item