PENERAPAN MEDIA REALIA DALAM KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PESERTA DIDIK KELAS X MAN 2 PATI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

MUZADI, MOH MASYKUR (2024) PENERAPAN MEDIA REALIA DALAM KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PESERTA DIDIK KELAS X MAN 2 PATI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_ MOH MASYKUR MUZADI_ 19410057.pdf] Text
SKRIPSI_ MOH MASYKUR MUZADI_ 19410057.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan menulis pada
peserta didik kelas X MAN 2 Pati, khususnya keterampilan menulis teks laporan
hasil observasi. Melihat kondisi seperti itu perlu diupayakan penerapan metode
tertentu untuk meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi.
Media yang diterapkan adalah media realia.
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan media realia dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi pada peserta didik
kelas X MAN 2 Pati tahun pelajaran 2023/2024. Adapun tujuan penelitian ini yaitu, mendeskripsikan penerapan media realia dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas X MAN 2 Pati tahun pelajaran 2023/2024.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran.
Data penelitian ini menggunakan teknik tes dan non-tes, yang sebagaima peneliti memiliki kriteria khusus untuk mendapatkan data tersebut. Hasil data penelitian ini terdapat pada kelas X-7 MAN 2 Pati dengan jumlah peserta didik 37.
Hasil penerapan menunjukkan bahwa penerapan media realia dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi mampu menarik antusias peseta didik, proses pembelajaran yang menyenangkan sehingga tidak meenimbulkan kebosanan. Selain itu, peserta didik mampu berpikir kritis dalam proses pembelajaran. Data yang diperoleh dalam menulis teks laporan hasil observasi nilai tertinggi 87,5, nilai terendah 75 dan jumlah keseluruhan 2662,5 dengan rata-rata 83,2.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah sebagai pedoman metode dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi salah satunya adalah dengan menggunakan media realia dalam upaya memperbaiki hasil belajar peserta
didik dan memfasilitasi peserta didik dengan mengembangkan Bahasa Indonesia khususnya menulis teks laporan hasil observasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 13 Jun 2024 03:04
Last Modified: 13 Jun 2024 03:04
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3968

Actions (login required)

View Item
View Item