Febriana, Riris (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN YANG BERKAITAN DENGAN SOAL CERITA MATERI PELUANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Riris Febriana 19310021.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan permasalahan
yang berkaitan dengan soal cerita materi peluang, dan aspek dan aspek penyebabnya. Metode yang
digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik purposive sampling
digunakan untuk menentukan subjek penelitian dari 3 kategori kemampuan menyelesaikan masalah
yaitu kategori tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data menggunakan angket, tes, wawancara,
dan dokumentasi. Instrumen penelitian mencakup tes kesulitan belajar dalam bentuk uraian, angket
aspek kesulitan belajar, dan wawancara untuk mendalami hasil tes tertulis. Pengelolaan data
dilakukan dengan menggunakan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah (1) subjek berkemampuan tinggi kesulitan melakukan dan
menyelesaikan permasalahan; (2) subjek berkemampuan sedang kesulitan dalam memilih rumus,
melakukan dan menyelesaikan penghitungan serta kesulitan dalam menyelesaikan masalah
berbentuk verbal; (3) subjek berkemampuan rendah kesulitan pada semua indicator kesulitan
belajar; (4) kesulitan belajar dapat disebabkan oleh aspek eksternal dan internal dengan urutan sesuai
presentase adalah lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, motivasi, kesehatan, lingkungan
masyarakat, serta minat dan bakat.
Kata Kunci: kesulitan belajar, menyelesaikan masalah, soal cerita.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 03:45 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 03:45 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/395 |