PENERAPAN MEDIA APLIKASI CANVA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS IKLAN BERBAHASA JAWA SISWA KELAS XI SMA MATARAM SEMARANG

AJJAHRO, ALYYA SYAFIRA QOIRUNISHA (2024) PENERAPAN MEDIA APLIKASI CANVA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS IKLAN BERBAHASA JAWA SISWA KELAS XI SMA MATARAM SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ALYYA SYAFIRA QOIRUNISHA AJJAHRO 18430003.pdf] Text
ALYYA SYAFIRA QOIRUNISHA AJJAHRO 18430003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: media aplikasi canva, menulis teks iklan
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan media
aplikasi canva dalam pembelajaran menulis teks iklan pada siswa XI SMA
Mataram Semarang. Hal ini dilatarbelakangi karena masih terdapat beberapa
peserta didik yang masih sulit dalam menuangkan ide, menuangkan
kreativitasnya, kurangnya kosa kata yang dimiliki serta rendahnya pemahaman
peserta didik dalam menulis teks iklan menggunakan bahasa Jawa, sehingga
peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran menulis. Untuk itu, rumusan
masalah yang diperoleh yaitu bagaimana hasil penerapan media aplikasi canva
dalam pembelajaran memproduksi teks iklan berbahasa Jawa siswa kelas XI SMA
Mataram Semarang?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
mendeskripsikan hasil penerapan media aplikasi canva dalam pembelajaran
memproduksi teks iklan berbahasa Jawa siswa kelas XI SMA Mataram Semarang.
Pada penelitian kali ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif
sedangkan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental
design yang berupa one-shot case study dengan hanya melibatkan satu kelompok
tanpa harus dilakukan pengambilan sampel. Data yang diperoleh dalam penelitian
ini dikumpulkan melalui kuesioner (angket) disertai dengan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) pada uji kompetensi aspek pengetahuan
diperoleh presentase 87% atau sejumlah 14 peserta didik mendapatkan nilai tuntas
diatas KKM dan 2 anak atau 13% mendapatkan nilai tidak tuntas. Dari perolehan
tersebut didapatkan nilai rat-rata akhir sebesar 86,25. 2) pada uji kompetensi
aspek keterampilan memperoleh presentase sebesar 69% atau sejumlah 11 peserta
didik mendapatkan nilai tuntas dan 31% dengan jumlah 5 anak mendapatkan nilai
tidak tuntas. Dari perolahn data tersebut diperoleh nilai rata-rata akhir sebesar
86,3 pada aspek ketrampilan. Berdasarkan analisis data yang diperoleh,
pembelajaran menulis teks iklan dengan media aplikasi canva memberikan
pengaruh yang cukup besar terhadap kegiatan pembelajaran menulis teks iklan
pada siswa kelas XI.2 SMA Mataram Semarang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 12 Jun 2024 06:26
Last Modified: 12 Jun 2024 06:26
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3936

Actions (login required)

View Item
View Item