WICAKSONO S, AHMAD YUNIANTO (2024) IMPLEMENTASI SILA KEADILAN SOSIAL DALAM PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN ANAK JALANAN PADA YAYASAN KOMUNITAS HARAPAN DI KOTA SEMARANG TAHUN 2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
AHMAD YUNIANTO WICAKSONO S.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Ahmad Yunianto Wicaksono S NPM 19210034. “Implementasi Sila Keadilan
Sosial Dalam Pemenuhan Hak Pendidikan Anak Jalanan Pada Yayasan Komunitas
Harapan Di Kota Semarang Tahun 2023”, Program Studi Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan,
Fakultas
Pendidikan
Ilmu
Pengetahuan
Sosial
dan
Keolahragaan, Universtias PGRI Semarang, 2024.
Latar belakang dilaksanakan penelitian ini didasari terhadap masih
kurangnya perwujudan terhadap pengimplementasian hak pendidikan kepada anak
jalanan yang merupakan suatu hal yang wajib serta perlu diterapkan dalam
mewujudkan
keadilan
sosial
bagi
setiap
masyarakat
Indonesia.Tujuan
dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui implementasi dari sila keadilan
sosial terhadap pemenuhan hak pendidikan terhadap anak jalan yang dilakukan oleh
Yayasan Komunitas Harapan di Kota Semarang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif.
Lokasi penelitian berada di Yayasan Komunitas Harapan Semarang. Fokus
penelitiannya adalah implementasi sila kelima terhadap pemenuhan hak pendidikan
anak jalanan pada Yayasan Komunitas Harapan. Dengan indikator 1) Nilai
keterbukaan dalam pemenuhan hak pendidikan anak jalanan pada Yayasan
Kominutas Harapan Semarang, 2) Nilai kesetaraan dalam pemenuhan hak
pendidikan anak jalanan pada Yayasan Kominutas Harapan Semarang, 3) Nilai
pembagian sumber daya dalam pemenuhan hak pendidikan anak jalanan pada
Yayasan Kominutas Harapan Semarang, 4) Nilai inklusi dalam pemenuhan hak
pendidikan anak jalanan pada Yayasan Kominutas Harapan Semarang, 5) Nilai
kesejahteraan dalam pemenuhan hak pendidikan anak jalanan pada Yayasan
Kominutas Harapan Semarang, 6) Kendala serta solusi yang dihadapi Yayasan
Komunitas Harapan Semarang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu
observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan cara triangulasi
sumber data. Teknik analisis data penelitian ini dengan pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi sila kelima terhadap
pemenuhan hak pendidikan anak jalanan pada Yayasan Komunitas Harapan untuk
saat ini telah terpenuhi. Dimana nilai-nilai yang terkandung dalam sila keadilan
sosial telah mereka terapkan. Hal ini dapat dilihat dari nilai keterbukaan yang
menunjukkan mereka sangat terbuka dalam menerima anak-anak jalanan, Nilai
kesetaraan yang memprioritaskan agar setiap anak mendapatkan hak yang sama,
Nilai pembagian sumber daya yang memungkinkan anak-anak dapat menikmati
fasilitas yang tersedia, Nilai inklusi yang menunjukkan bahwa anak-anak dapat
diterima dalam lingkungan mereka, Nilai kesejahteraan yang memastikan bahwa
anak-anak dapat terpenuhi kebutuhannya. Adapun kendala berupa tempat dan
relawan-relawan yang memiliki kesibukan tersendiri karena kegiatan yang
dilakukan serta solusi yang mereka berikan berupa menggunakan tempat yang ada
disekitar basecamp mereka dan juga perekrutan relawan secara berkala dengan
rentang waktu 6 bulan sekali.
Kata Kunci : Hak Pendidikan, Anak Jalanan, Nilai-nilai Sila Kelima
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 03:15 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 03:15 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3921 |