PENGEMBANGAN MEDIA KADO (KARTU DOMINO) DALAM KONTEKS PENGGABUNGAN DAN SISA PADA BILANGAN CACAH UNTUK PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA KELAS 1 SD N 2 RINGIN

NIKMATUROHMAH, DIGITA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA KADO (KARTU DOMINO) DALAM KONTEKS PENGGABUNGAN DAN SISA PADA BILANGAN CACAH UNTUK PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA KELAS 1 SD N 2 RINGIN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DIGITA NIKMATUROHMAH.pdf] Text
DIGITA NIKMATUROHMAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

DIGITA NIKMATUROHMAH. NPM 19120079. “PENGEMBANGAN
MEDIA KADO (KARTU DOMINO) DALAM KONTEKS
PENGGABUNGAN DAN SISA PADA BILANGAN CACAH UNTUK
PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA KELAS 1 SDN 2 RINGIN”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.
Pengunaan media memiliki nilai penting tersendiri bagi siswa
maupun bagi guru. Di SD N 2 Ringin guru menggunakan tangan sebagai
media pada materi pertambahan dan pengurangan. sehingga perlu adanya
pengembangan media pembelajaran untuk membantu guru dalam
mengajar.
Media Kado (Kartu Domino) merupakan modifikasi dari kartu
domino yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan. Media ini dibuat dengan
tujuan untuk mengetahui pengembangan kartu domino sebagai media
pendukung pembelajaran pada materi penggabungan dan sisa terhadap
perkembangan kognitif anak,
Metode yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan
dengan langkah – langkah ADDIE sebagai pijakan. Populasi pada
penelitian dan pengembanngan ini adalah 12 siswa kelas 1 dan 1 orang
guru kelas 1.
Pengolahan data diambil dari validasi media dan materi, angket
tanggapan siswa, dan angket tanggapan guru. Hasil validasi ahli media
pembelajaran sebesar 80%, validasi ahli materi 76%, hasil angket
tanggapan guru 78% dan hasil tanggapan siswa 78,3%, hal ini menunjukan
bahwa media Kado (Kartu Domino) berhasil dalam pengembangan media
dan layak digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik.
Saran yang peneliti sampaikan adalah media Kado ini dapat
digunakan menjadi alternatif media yang menyenangkan dan melibatkan
seluruh siswa serta dapat menumbuhkan minat belajar siswa sehingga
pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan.
Kata kunci : Media Kado, Kartu Domino, Matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 12 Jun 2024 01:59
Last Modified: 12 Jun 2024 01:59
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3901

Actions (login required)

View Item
View Item