ALIFVIA, DHEA AYU (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTU MEDIA FLASHCARD PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VI SD KUSUMA BHAKTI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DHEA AYU ALIFVIA 20120226.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Flashcard merupakan suatu alternatif yang dapat membantu
meningkatkan kemampuan kosakata siswa, terutama kemampuan
dalam menyimak kosakata (Listening Skill) dan berbicara (Speaking
Skill). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan
model pembelajaran PBL berbantu media flashcard pada mata
pelajaran bahasa inggrisdi SD Kusuma Bhakti, Semarang. Jenis
penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre-eksperimen one
group pretest posttest design. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan yaitu sampling jenuh. Adapun subjek dalam penelitian ini
sebanyak 26 siswa kelas VI B di SD Kusuma Bhakti. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode tes tertulis dengan instrumen
yang telah diuji dengan teknik uji validitas isi oleh para ahli sebagai
validator dan menggunakan metode split helf untuk menguji
reabilitasnya. Pembuktian dan analisis hasil menggunakan statistik
non parametrik uji Wilcoxon sign rank test menggunakan SPSS versi
25. Hasil uji data menunjukkan bahwa nilai Wilcoxon sign rank test
(Z) sebesar -4. 329 dan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar .000 lebih
kecil dari taraf signifikansi 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh penggunaan media flashcard terhadap peningkatan hasil
belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Inggris kelas VI B di SD
Kusuma Bhakti Semarang tahun ajaran 2023/2024.
Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Inggris, Sekolah Dasar, Flashcard.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 01:47 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 01:50 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3898 |