PENERAPAN PENDEKATAN TPACK PADA PEMBELAJARAN MATERI VIRUS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DI SMA NEGERI 1 MRANGGEN

Wahyuningsih, Dewi (2024) PENERAPAN PENDEKATAN TPACK PADA PEMBELAJARAN MATERI VIRUS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DI SMA NEGERI 1 MRANGGEN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Dewi Wahyuningsih 19320010.pdf] Text
Dewi Wahyuningsih 19320010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Penerapan pembelajaran berbasis teknologi diperlukan untuk memudahkan
proses pembelajaran. TPACK (Technological Pedagogical Content Knowlede)
merupakan konsep pengetahuan yang diperlukan oleh guru dalam
mengintegrasikan teknologi pada pembelajaran terhadap kemampuan
memecahkan masalah dan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian untuk
mengetahui pengaruh pendekatan TPACK pada pembelajaran materi virus
terhadap motivasi belajar dan kemampuan memecahkan masalah di SMA Negeri
1 Mranggen. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X-2 sebagai kelas
eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 71 siswa. Teknik
sampling penelitian ini yaitu purposive sampling dengan metode True
Eksperimental Design dan desain penelitian Nonequivalent group posttest only
design. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan instrumen penelitian
berupa modul ajar, soal postest, LKPD, lembar observasi, dan lembar angket.
Hasil analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas,
dan uji hipotesis. Hasil analisis angket motivasi belajar pada kelas eksperimen
menunjukan persentase 90% dan kelas kontrol persentase 87% dalam kategori
sangat baik. Uji hipotesis motivasi belajar memperoleh t hitung (106,427) > t tabel
(1,994) α=0,05. Analisis akhir kemampuan memecahkan masalah pada materi
virus diperoleh perbedaan, hasil rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar
86,69 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata posttest sebesar 77,69. Uji
hipotesis menggunakan uji T pada kemampuan memecahkan masalah diperoleh
t hitung (7.391)> t tabel (1.994) α = 0,05. H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan
hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan TPACK pada
pembelajaran materi virus terhadap motivasi belajar siswa dan kemampuan
memecahkan masalah siswa di SMA Negeri 1 Mranggen.
Kata Kunci : Kemampuan Memecahkan Masalah, Motivasi Belajar, TPACK

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 12 Jun 2024 01:42
Last Modified: 12 Jun 2024 01:42
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3896

Actions (login required)

View Item
View Item