Ulfatunni’mah, Dewi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS AUGMENTED REALITY MATERI KONFIGURASI ELEKTRON DENGAN METODE BOHR AND STONER PADA KELAS X SMA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Dewi Ulfatunni’mah 20340024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Media pembelajaran adalah alat yang digunakan untuk mendukung proses belajar
mengajar. Ketika implementasinya kurang menarik, siswa cenderung merasa
bosan dengan pembelajaran, yang dapat mengurangi partisipasi aktif mereka.
Augmented Reality (AR) adalah salah satu bentuk media yang dapat digunakan
saat ini. AR menggabungkan elemen dunia maya ke dalam dunia nyata,
menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan media pembelajaran kimia berbasis AR untuk materi konfigurasi
elektron dengan metode Bohr and Stoner. Media AR ini diharapkan dapat membantu
siswa memahami materi dengan lebih mudah dan meningkatkan minat mereka terhadap
kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D)
dengan model Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE).
Subjek penelitian adalah siswa kelas X-6 SMA Negeri 14 Semarang. Data penelitian
dikumpulkan melalui wawancara, dan angket. Penelitian menunjukkan bahwa media AR
yang telah dikembangkan cocok untuk digunakan dalam pembelajaran kimia. Tingkat
kelayakan materi mencapai 97%, sementara tingkat kelayakan media mencapai 87%.
Kepraktisan produk ini mencapai 90%, menunjukkan tingkat validitas yang tinggi dan
kemudahan penggunaan dalam konteks pembelajaran praktis.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Kimia, Konfigurasi Elektron,
Metode Bohr and Stoner.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 01:38 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 01:38 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3895 |