PATIMAH, DEWI (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE CERIA (CERITA DAN LAGU) PADA ANAK KELOMPOK A DI PAUD TKIT AL MANNAN KECAMATAN MOJOSONGO BOYOLALI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DEWI PATIMAH 20156057.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Dewi Patimah, “UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN
MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE CERIA ( CERITA DAN
LAGU ) PADA ANAK KELOMPOK A DI PAUD TKIT AL MANNAN
KECAMATAN MOJOSONGO BOYOLALI”. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Muniroh Munawar,S.Pi.,M.Pd.
Dosen Pembimbing II Dwi Prasetiyawati D.H,S.Pd,M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan anak
dalam membaca permulaan menunjukkan hasil yang masih rendah. Anak belum
dapat mengenal dan membedakan huruf vokal dan konsonan , dalam membedakan
kata yang memiliki huruf awal dan suku kata awal sama masih rendah, serta anak
belum dapat menyusun suku kata menjadi sebuah kata sederhana. Data yang
diperoleh dari PAUD TKIT AL MANNAN MOJOSONGO BOYOLALI tentang
kemampuan membaca permulaan anak menunjukkan adanya perbedaan antara
harapan dengan kenyataan yang terjadi . Dari 20 anak di kelompok A sebanyak 4
anak atau 20 % mempunyai kemampuan membaca permulaan yang berkembang
optimal sedangkan 80 % atau sejumlah 16 anak belum berkembang secara
optimal. Kondisi seperti ini dapat diketahui pada saat proses pembelajaran
membaca permulaan sedang berlangsung , anak-anak kurang senang dan kurang
bersemangat dalam mengikutinya. Oleh karena itu hasil pembelajaran yang
diperoleh masing-masing anak sejumlah 80% atau sejumlah 16 anak kurang
mencapai target yang diinginkan.
Berdasarkan uraian latar belakang masalah tersebut maka penulis
merumuskan masalah sebagai berikut: “Bagaimana upaya meningkatkan
kemampuan membaca permulaan anak melalui metode CERIA (Cerita dan lagu)
pada kelompok A di PAUD TKIT AL MANNAN MOJOSONGO
BOYOLALI . Tujuan penelitian ini adalah Penggunaan metode CERIA (Cerita
dan lagu) untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak pada
kelompok A di PAUD TKIT AL MANNAN MOJOSONGO BOYOLALI.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas
rangkaian empat kegiatan utama yang dilakukan dalam siklus berulang yaitu:
perecanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelompok A di PAUD TKIT AL MANNAN MOJOSONGO
BOYOLALI yang kami teliti sebanyak 20 Anak.
Penelitian ini diperoleh dengan teknik analisis deskriptif yang bersifat
kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali . Hasil penelitian
menunjukan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan
penggunaan metode CERIA (Cerita dan lagu), peningkatan tersebut yaitu siklus 1
mencapai 40%, pada siklus 2 mencapai 80% kesimpulan dari penelitian ini
dengan metode CERIA (Cerita dan lagu) dapat meningkatkan kemampuan
membaca permulaan anak kelompok A di PAUD TKIT AL MANNAN
MOJOSONGO BOYOLALI .
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 01:35 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 01:35 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3894 |