UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLE DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI PENERAPAN METODE INKLUSI PADA SISWA SMAN 1 TAHUNAN KABUPATEN JEPARA SKRIPSI

Azhari, Muhammad Helmi (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLE DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI PENERAPAN METODE INKLUSI PADA SISWA SMAN 1 TAHUNAN KABUPATEN JEPARA SKRIPSI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of skripsi helmy 19 aprill 2024.pdf] Text
skripsi helmy 19 aprill 2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Muhammad Helmi Azhari. 2023. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dribble
Dalam Permainan Bola Basket Melalui Penerapan Metode Inklusi Pada Siswa
SMAN 1 tahunan Kabupaten Jepara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan
Keseharan Rekreasi. Fakultas Ilmu Pendidikan Sosial dan Keolahragaan,
Universitas PGRI Semarang.
Penelitian ini dilatarbelakangi metode pengajaran yang masih terpusat pada
guru menyebabkan kebosanan yang dialami oleh siswa. Dari 35 orang siswa hanya
ada 10 orang siswa dalam pembelajaran dribble bola basket tuntas dengan nilai di
atas KKM, 25 orang siswa masih dibawah nilai KKM. kemampuan dasar
menggiring bola siswa ditingkatkan melalui penggunaan metode pembelajaran.
Namun demikian, dalam praktiknya, banyak siswa yang masih belum dapat
mempelajari gerakan dasar menggiring bola dengan menggunakan contoh dari
guru. Untuk membantu siswa mengatasi tantangan tersebut, diperlukan model
pembelajaran alternatif seperti model pembelajaran berbasis inklusi. Penelitian ini
bertujuan mengetahui upaya peningkatan hasil belajar dribble dalam permainan
bola basket melalui penerapan metode inklusi pada siswa SMAN 1 Tahunan
Kabupaten Jepara.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen. Tiga puluh
enam siswa dari kelas XI SMA menjadi sampel penelitian. Dalam penelitian ini,
metode gaya mengajar inklusif digunakan sebagai perlakuan atau treatment yang
diberikan kepada sampel. Teknik pengumpuan data dalam penelitian ini
menggunakan instrument rubrik penilaian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dribble dalam permainan
bola basket kelas XI SMAN 1 Tahunan Kabupaten Jepara menjadi meningkat
sebesar 36,4% setelah diberikan metode pembelajaran inklusi. Hal tersebut
dibuktikan dengan hasil analisis data pretest dan posttest peserta didik kelas XI
SMAN 1 Tahunan Kabupaten Jepara memiliki nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 <
0,05. Simpulan penelitian adalah ada pengaruh metode pembelajaran inklusi
terhadap peningkatan hasil belajar driblle dalam permainan bola basket kelas XI
SMAN 1 Tahunan Kabupaten Jepara.
Kata Kunci: Hasil belajar dribbling; Metode inklusi; Metode konvensional

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 10 Jun 2024 06:31
Last Modified: 10 Jun 2024 06:31
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3852

Actions (login required)

View Item
View Item