Setyari, Fadhilla Nova (2024) ANALISIS KEMANDIRIAN SISWA DOWN SYNDROME (STUDI KASUS DI KNOWLEDGE LINK INTERCULTURAL SCHOOL SENTUL KABUPATEN BOGOR). Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Fadhilla Nova Setyari 19110100.pdf
Download (1MB)
Abstract
Fadhilla Nova Setyari. NPM. 19110100 : “ANALISIS KEMANDIRIAN
SISWA DOWN SYNDROME (STUDI KASUS DI KNOWLEDGE LINK
INTERCULTURAL SCHOOL SENTUL KABUPATEN BOGOR)”. Skripsi.
Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Semarang 2023 Dosen Pembimbing I : Dr. Dini Rakhmawati , S.Pd., M.Pd
Pembimbing II : Desi Maulia S.Psi M.Si Psikolog
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa down syndrome di Knowledge
Link Intercultural School dimana siswa-siswa tersebut sudah belum terbentuk
kemandiriannya mengenai aktivitas sehari-hari. Namun, dengan adanya
Knowledge Link Intercultural School sebuah lembanga Pendidikan inklusi yang
terletak di Sentul Kabupaten Bogor ini sangat membantu dan membentuk
kemandirian siswa down syndrome dengan adanya pengenalan dan pembiasaan
mengnai aktivitas sehari-hari. Hal tersebut rutin dilakukan sehingga saya
menemukan siswa down syndrome ini sudah terbentuk kemandiriannya dengan
cara pengenalan dan pembiasaan aktivitas yang dilakukan setiap hari. Selain itu
dalam kegiatan di sekolah Knowledge Link Intercultural School ini melakukan
secara bertahap dan perlahan-lahan karena siswa down syndrome juga beragam
dengan kebutuhan yang dimilikinya. Dari yang melakukan aktivitas masih sangat
dituntun dan dibantu karena lama-lama menjadi rutinitas siswa down syndrome
tersebut mulai bisa melakukan aktivitas kemandirian itu sendiri.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan studi kasus dengan observasi dan wawancara dari tiga sumber yaitu,
guru kelas, konselor, dan orang tua dari siswa down syndrome tersebut. Peneliti
menggunakan triangulasi data untuk mengolah hasil penelitian.
Hasil dalam penelitian ini kemandirian siswa down syndrome berkembang
diiringi dengan pendampingan dan pembiasaan yang dilakukan setiap hari di
sekolah serta dukungan dalam bentuk apresiasi. Knowledge Link Intercultural
School terus melakukan komunikasi dengan orang tua mengenai bagaimana
kemandiriannya dirumah. Pentingnya edukasi pada ibu yang memiliki anak down
syndrome dalam mengajarkan meningkatkan rasa percaya diri serta rasa bangga
memiliki anak down syndrome.
Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan adanya hasil yang baik pada
kemandirian siswa down syndrome ini. Dari yang sebelumnya takut, pemalu,
bahkan agak dipaksa dalam melakukan aktivitas kemandirian, seiring berjalannya
waktu dibersamai dengan pendampingan dan dukungan dari pihak sekolah
maupun pihak keluarga yang sangat luar biasa siswa down syndrome sudah
mampu dikatakan mandiri. Namun, dengan begitu tetap harus tetap dalam
pengawasan baik dari pihak sekolah maupun pihak keluarga dalam setia aktivitas
yang dilakukannya.
Kata kunci : kemandirian, down syndrome
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 02:40 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 02:40 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3835 |