VARIASI BAHASA GURU DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TEKS CERPEN KELAS XI SMA N 1 KEMBANG TAHUN AJARAN 2021/2022

AKHRI, AGHIFAR AL-GHIF (2024) VARIASI BAHASA GURU DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TEKS CERPEN KELAS XI SMA N 1 KEMBANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AGHIFAR AL-GHIFAKHRI.pdf] Text
AGHIFAR AL-GHIFAKHRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Aghifar Al-Ghifakhri, NPM 17410086. “Variasi Bahasa Guru dalam
Pembelajaran Bahasa Indonesia Teks Cerpen Kelas XI SMA N 1 Kembang Tahun
Ajaran 2021/2022”.
Bahasa merupakan sarana komunikasi sosial yang memungkinkan
individu berinteraksi dan bekerja sama dalam kehidupan sehari-hari. Fungsinya
sebagai alat untuk menyampaikan pikiran, ide, konsep, dan perasaan menjadi
penting dalam berbagai situasi interaksi. Sosiolinguistik mempelajari variasi
bahasa dan hubungannya dengan faktor-faktor sosial di masyarakat. Variasi
bahasa terjadi karena keragaman sosial penutur dan fungsi bahasa itu sendiri,
seperti keberagaman penutur dalam hal latar belakang dan lingkungan yang
berbeda-beda.
Dalam konteks pembelajaran, pengetahuan akan variasi bahasa menjadi
penting, terutama dalam pembelajaran menulis cerpen. Meskipun memiliki kaidah
tertentu, bahasa seringkali bervariasi karena pengaruh lingkungan dan situasi. Di
Indonesia, masyarakat sering menggunakan lebih dari satu bahasa, menghasilkan
bilingualisme. Pembelajaran menulis cerpen di kelas XI seringkali dihadapkan
pada tantangan, seperti kesulitan mencari ide dan kurangnya pemahaman terhadap
cerpen.
Metode pembelajaran sinektik dapat menjadi alternatif untuk
meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen dengan mempertemukan
berbagai unsur dan memunculkan pandangan baru. Cerpen, berbeda dengan novel,
memiliki ciri khas tersendiri dalam konstruksi ceritanya dan memiliki kebebasan
dalam ekspresi bahasa, termasuk penggunaan bentuk bahasa yang bervariasi. Oleh
karena itu, pemahaman terhadap makna yang terkandung dalam berbagai bentuk
bahasa menjadi penting agar tidak salah dalam penafsiran.
Kata Kunci: Penggunaan Variasi Bahasa, Teks cerpen, Pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Jun 2024 04:00
Last Modified: 07 Jun 2024 04:00
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3821

Actions (login required)

View Item
View Item