NOVITA SARI, RIMA (2024) HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK DI SMA NEGERI 3 PEMALANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
RIMA NOVITA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
RIMA NOVITA SARI. NPM. 19110123, “Hubungan Self Efficacy
Dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Di SMA Negeri 3 Pemalang”
Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2024. Pembimbing I Dr. Arri Handayani, S.Psi., M.Si.
Pembimbing II Drs. Mujiyono. M.Si.
Keyakinan diri disebut juga sebagai Self efficacy, yang berarti keyakinan
seseorang dalam kemampuannya untuk melakukan suatu bentuk kontrol terhadap
keberfungsian orang itu sendiri dan kejadian dalam lingkungan. Rendahnya self
efficacy pada siswa dapat membuat siswa melakukan perilaku prokrastinasi, hal
tersebut manjadi dasar dalam penelitian ini.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan
self afficacy dengan perilaku prokrastina akademik siswa. Dalam penelitian ini
metode yang digunakan adalah kuantitaf dengan jenis penelitian korelasi, populasi
dalam penelitian ini adalah sebanyak 360 siswa. Sempel penelitian ini mengambil
20% dari populasi sehingga sampel yang digunakan sebanyak 72 orang siswa yang
ditentukan dengan teknik cluster random sampling.
Berdasarkan uji korelasi pearson product moment diperoleh nilai r hitung
sebesar 0,694, sedangkan r tabel untuk jumlah sampel 72 adalah 0,229. Oleh karena
itu 0,694 > 0,229 maka dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara self
efficacy dengan perilaku prokrastinasi akademik di SMA Negeri 3 Pemalang.
Hubungan negatif tersebut memiliki arti jika self efficacy tinggi maka
perilaku prokrastinasi akademik rendah dan sebaliknya jika self efficacy rendah
maka perilaku prokartinasi akademik tinggi. Dengan demikian diharapkan siswa
agar dapat mengurangi kebiasaan dalam menunda dalam proses belajar maupun
menyelesaikan tugas. Salah satu cara untuk mengurangi perilaku prokrastinasi
akademik adalah dengan meningkatkan kemampuan self efficacy, mengatur jadwal
belajar sendiri dan menetapkan tujuan belajar yang ingin dicapai.
Kata Kunci : Self Efficacy, Perilaku Prokrastinasi Akademik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 04:35 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 04:35 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3806 |