ANALISIS KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 2 DI SDN 04 PADURAKSA

TILARAS, SEKAR ANGGUN (2024) ANALISIS KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 2 DI SDN 04 PADURAKSA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SEKAR ANGGUN TILARAS.pdf] Text
SEKAR ANGGUN TILARAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

SEKAR ANGGUN TILARAS. NPM 19120034. “Analisis Keterampilan
Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 2 Di SDN 04 Paduraksa”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. 2024. Pembimbing I Prof. Dr. A. Y. Soegeng Ysh., M. Pd. dan
Pembimbing II Eka Sari Setianingsih, S. Pd., M. Pd.
Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah ada salah satu
siswa kelas 2 di SDN 04 Paduraksa yang mengalami kesulitan membaca permulaan
pada saat jam pelajaran maupun jam tambahan. Salah satu siswa yang mengalami
kesulitan membaca permulaan tersebut belum bisa merangkai huruf menjadi kata
dan belum bisa merangkai kata menjadi kalimat. Dalam kesulitan membaca
permulaan pada salah satu siswa kelas 2 tersebut dipengaruhi oleh faktor yaitu
faktor psikologis dan faktor lingkungan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses aktivitas
belajar membaca pada siswa kelas 2 di SDN 04 Paduraksa?, (2) Faktor apa saja
yang menyebabkan rendahnya kompetensi membaca pada siswa kelas 2 di SDN 04
Paduraksa?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berupa deskriptif.
Subjek dari penelitian ini salah satu siswa kelas 2 SDN 04 Paduraksa yang
mengalami kesulitan membaca permulaan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Keabsahan data pada penelitian ini yaitu triangulasi sumber. Teknik analisis data
menggunakan analisis data model interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data,
dan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian ini adalah berdasarkan observasi dan wawancara guru kelas
2 di SDN 04 Paduraksa menunjukkan bahwa diketahui ada salah satu siswa kelas 2
yang mengalami kesulitan membaca permulaan. Pada saat jam pelajaran maupun
jam tambahan, salah satu siswa tersebut belum bisa merangkai huruf menjadi kata
dan belum bisa merangkai kata menjadi kalimat. Yang menyebabkan kesulitan
membaca permulaan yang dialami oleh salah satu siswa tersebut yaitu faktor
psikologis dan faktor lingkungan. Faktor psikologis yang mempengaruhi yaitu
kurangnya minat dan motivasi untuk belajar dan membaca, hal ini sesuai dengan
pernyataan kakeknya yang menyebutkan bahwa siswa tersebut lebih suka dan lebih
sering bermain daripada belajar. Selain itu, faktor lingkungan juga menjadi
penyebab siswa tersebut mengalami kesulitan membaca permulaan yaitu kurangnya
bimbingan dan perhatian orangtuanya, karena lokasi orangtua siswa yang berada di
luar kota sehingga sulit untuk mengawasi kegiatan belajarnya.
Berdasarakan penelitian ini, saran yang disampaikan adalah sekolah,
diharapkan dapat terus memberikan dukungan kepada guru dan memberikan pelatih
kepada guru tentang pembelajaran yang dapat meningkatkan kemauan siswa untuk
belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 06 Jun 2024 03:01
Last Modified: 06 Jun 2024 03:01
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3801

Actions (login required)

View Item
View Item