Widodo, Ridwan Cahyo (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY BERKONTEKS ETNOMATEMATIKA PADA CANDI BOROBUDUR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Ridwan Cahyo Widodo.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk membantu dalam
proses belajar mengajar. Kurangnya implementasi media pembelajaran yang
menarik membuat siswa bosan dengan suasana belajar. Mengakibatkan kurangnya
partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran. Augmented reality adalah salah satu
bentuk media yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran di era sekarang.
Bentuk dari AR sendiri mengimplementasikan dunia maya ke dalam dunia nyata.
Pembelajaran matematika akan lebih menyenangkan apabila bisa dikaitkan
dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengembangkan media pembelajaran berbasis AR yang berkonteks
etnomatematika pada candi borobudur. Adanya keterkaitan konteks candi
borobudur dengan AR akan membantu siswa dalam proses pembelajaran
matematika pada materi barisan dan deret. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah ADDIE. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa media
yang dihasilkan mendapat kelayakan sebesar 88% berdasarkan angket respon
siswa, validasi kelayakan media 87% dan kelayakan materi 94% dari validator
ahli, terjadi rata-rata hasil belajar media AR yang lebih baik dibanding
pembelajaran secara konvensional, terjadi keaktifan belajar siswa sangat baik
pada saat menggunakan media AR.
Kata Kunci: media pembelajaran; augmented reality; etnomatematika; candi
borobudur
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 02:13 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 02:13 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3794 |