PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS X MA NU 01 BANYUPUTIH BATANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

LUTHFIYAH, RIA DEWI (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS X MA NU 01 BANYUPUTIH BATANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of RIA DEWI LUTHFIYAH.pdf] Text
RIA DEWI LUTHFIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan memegang peran penting dalam pengembangan potensi peserta didik
sesuai Undang-undang No.20 Tahun 2003. Salah satu aspek kritis adalah
keterampilan menulis dalam bahasa Indonesia, khususnya dalam menulis puisi.
Meskipun menulis puisi dianggap sebagai kegiatan yang dapat meningkatkan
keterampilan menulis, sebagian peserta didik mengalami kesulitan dan ketertarikan
rendah. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran yang kreatif, seperti
Problem Based Learning, menjadi penting untuk meningkatkan motivasi dan
keterampilan menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran menulis puisi pada
peserta didik kelas X MA NU 01 Banyuputih Batang tahun pelajaran 2023/2024.
Fokus penelitian adalah meningkatkan motivasi, semangat, dan keterampilan
peserta didik dalam merangkai kata-kata menjadi puisi yang menarik. Penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan ini memberikan
gambaran holistik mengenai implementasi "Model Problem Based Learning dalam
pembelajaran menulis puisi" di tingkat pendidikan menengah. Data dikumpulkan
melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen.Hasil penelitian ini
menyimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning melibatkan
beberapa tahap, seperti orientasi siswa pada masalah, organisasi siswa untuk
belajar, pembimbingan penyelidikan individu dan kelompok, pengembangan dan
penyajian hasil karya, serta analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah. Hasil
penelitian menunjukkan peningkatan nilai siswa di atas KKM, partisipasi aktif,
kreativitas, kemampuan kerja sama kelompok, dan kemampuan menulis puisi
sesuai struktur yang ditetapkan.
Kata Kunci: Menulis Puisi, Problem Based Learning, Keterampilan Menulis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 06 Jun 2024 02:01
Last Modified: 06 Jun 2024 02:01
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3792

Actions (login required)

View Item
View Item