PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EDITORIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XII BDP SMK N 9 SEMARANG

ALENIA, ALENIA (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EDITORIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XII BDP SMK N 9 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Skripsi Alenia (20410056) Fiks.pdf] Text
Skripsi Alenia (20410056) Fiks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dilakukanya penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan
model Problem Based Learning dalam pembelajaran menulis teks editorial pada
peserta didik kelas XII BDP SMK N 9 Semarang. Penelitian ini menggunakan
metode campuran atau mix method. Teknik tes dan nontes dilakukan untuk
mengumpulkan data penelitian dan data analisis menggunakan teknik triangulasi.
Penyajian data penelitian ini dengan teknik formal dan informal. Hasil penelitian
diperoleh bahwa model Problem Based Learning dapat diterapkan pada
pembelajaran teks editorial peserta didik kelas XII BDP SMK N 9 Semarang.
Berdasarkan hasil tes, terdapat peningkatan hasil belajar teks editorial peserta
didik sebesar 16,02%. Hasil pretest sebelumnya diperoleh hasil rerata sebesar
67,21% menjadi 83,30% pada hasil posttest. Berdasarkan hasil observasi dan
penyebaran angket kepada peserta didik, serta hasil wawancara pendidik, model
Problem Based Learning dapat membuat peserta didik menjadi lebih aktif pada
saat pembelajaran. Model Problem Based Learning juga dapat membuat peserta
didik berpikir secara kritis dalam mengungkapkan ide dan gagasannya, serta
mempermudah peserta didik dalam memahami materi teks editorial.
Kata kunci : model Problem Based Learning, penerapan, teks editorial

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 04 Jun 2024 06:44
Last Modified: 04 Jun 2024 06:44
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3776

Actions (login required)

View Item
View Item