PUSPITA, DELIMA EKA (2024) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS SURAT PRIBADI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 GUNUNGWUNGKAL PATI TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
DELIMA EKA PUSPITA-19410051.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Cooperative
Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran menulis surat
pribadi pada peserta didik kelas VII SMPN 1 Gunungwungkal Pati. Berdasarkan
hasil observasi terdapat masalah pada peserta didik kelas VII di SMPN 1
Gunungwungkal Pati yaitu peserta didik masih kesulitan untuk menggunakan
kata-kata yang tepat dan menuliskan sebuah pesan pada materi menulis surat
pribadi, karena penggunaan model pembelajaran yang digunakan guru kurang
tepat. Penelitian ini memakai metode campuran atau mixed methods.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa
pengerjaan soal tes menulis surat pribadi, dan teknik non tes berupa observasi,
angket. Berdasarkan hasil penelitian, sebelum diterapkan model Cooperative
Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran menulis surat
pribadi, guru masih menggunakan teknik Discovery Based Learning untuk proses
pembelajaran menulis surat pribadi dan hanya menggunakan buku paket Bahasa
Indonesia sebagai bahan pendukung pembelajarannya. Penerapan model
Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terbukti peserta didik
lebih aktif saat pembelajaran. Model CIRC juga membuat peserta didik menjadi
lebih semangat dan mempermudah peserta didik dalam memahami materi menulis
surat pribadi.
Kata kunci: model cooperative integrated reading and composition (CIRC),
penerapan, menulis surat pribadi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 03:32 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 03:32 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3766 |