FIJRIYAH, INDRI AGUSTINA (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI MEDIA TANGRAM PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN MUTIARA NGAWEN WEDUNG DEMAK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
INDRI_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Indri Agustina Fijriyah. NPM 21156056 “Upaya Meningkatkan
Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Media Tangram Pada
Anak Usia 3-4 Tahun Di Kelompok Bermain Mutiara Ngawen Wedung
Demak” Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Ilmu Pendididkan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I, Dr.
Muniroh Munawar, S.Pi, M. Pd., Dosen Pembimbing II Dwi Prasetiyawati DH,
S.Pd, M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
kemampuan mengenal bentuk geometri anak yang terdapat di Kelompok Bermain
Mutiara Ngawen Wedung masih kurang baik yang disebabkan kurangnya metode
Tangram yang di pergunakan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian
ini untuk meningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui media
tangram bentuk geometri pada anak usia 3-4 tahun yang terdapat di Kelompok
Bermain Mutiara Ngawen Wedung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data
berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini
kelompok A sebanyak 16 anak di Kelompok Bermain Mutiara Ngawen Wedung.
Berdasarkan pembahasan hasil penelitian tindakan tersebut dapat ditarik
kesimpulan bahwa dengan penggunaan media tangram dalam meningkatan
kemampuan mengenal bentuk geometri berupa segitiga pada anak usia 3-4 tahun
yang terdapat di Kelompok Bermain Mutiara Ngawen Wedung dengan indikator
pencapaiannya sebagai berikut: kondisi awal sebelum menggunakan media
tangram kemampuan mengenal bentuk geometri anak masih rendah sekali hanya
sebesar 0% pada kritera BSB. Pada siklus I puan mengenal bentuk geometri anak
meningkat menjadi 25% pada kritera BSB. Setelah dilakukan perbaikan
pembelajaran pada siklus II dengan metode yang sama yaitu dengan media
tangram dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri menjadi
81,25% pada kritera BSB dan sudah melebihi indikator yang ingin dicapai.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 02:23 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 02:23 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3737 |