HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS X SMA LAB SCHOOL SEMARANG

SETIARINI, AVITA NUR (2024) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS X SMA LAB SCHOOL SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of AVITA NUR SETIARINI 17110063.pdf] Text
AVITA NUR SETIARINI 17110063.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (826kB)

Abstract

Avita Nur Setiarini. NPM 17110063. “HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR
DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PADA
SISWA KELAS X SMA LAB SCHOOL SEMARANG”. Skripsi. Program Studi
Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.
2024. Pembimbing 1 Dr. Heri Saptadi Ismanto, S. Pd., M.Pd. Kons. Pembimbing
II Ismah, S. Ag., M. Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah Siswa mungkin
kesulitan menyeimbangkan antara tugas akademik dan kegiatan ekstrakurikuler
ini, yang berdampak pada waktu belajar yang tidak cukup dan pada akhirnya
menurunkan kinerja akademik mereka. Berdasarkan observasi yang dilakukan
peneliti di lapangan, siswa merasa mengantuk saat belajar begitu juga sebaliknya.
Peneliti juga melihat siswa bermain handphone, berbicara dengan teman saat
pelajaran berlangsung, dan ada juga yang tertidur di kelas. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan antara motivasi belajar dan
manajemen waktu siswa kelas X di SMA Lab School Semarang dengan prestasi
akademik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional yang dilaksanakan di
kelas X di SMA Lab School Semarang. Populasi dalam penelitian ini seluruh
siswa kelas X yang berjumlah 108. Teknik pengambilan sampel menggunakan
teknik purposive sampling yang terdiri dari 85 siswa. Instumen yang digunakan
menggunakan skala likert, teknik analisis yang digunakan yaitu korelasi product
moment.
Berdasarkan hasil uji korelasi product moment variabel motivasi belajar
diperoleh r hitung < r tabel 0,854 > 0,210 nilai signifikansi 0,000 < 0,05, hasil uji
korelasi menejemen waktu diperoleh 0,789, sedangkan variabel prestasi akademik
diperoleh hasil 0,671 yang artinya Ho ditolak dan dapat diambil kesimpulan
bahwa kedua variabel berkorelasi. Kemudian nilai koefisien korelasi (r) 0,854,
0,789, 0,671 dengan taraf positif, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan
positif sempurna dengan tingkat hubungan yang kuat.
Berdasarkan penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada pihak
sekolah diharapkan mengoptimalkan program-program yang ada dalam BK
berupa fasilitas penunjang sehingga guru BK atau konselor maupun guru mata
pelajaran dapat memberikan program layanan secara optimal. Bagi siswa
diharapkan siswa kelas X SMA Lab Scool Semarang dapat meningkatkan
motivasi belajad dan menejemen waktu agar dapat meningkatkan prestasi
akademik di sekolah.
Kata kunci: Motivasi Belajar, Menejemen Waktu, Prestasi Akademik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 31 May 2024 07:59
Last Modified: 31 May 2024 07:59
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3726

Actions (login required)

View Item
View Item