Analisis Kemampuan Kognitif Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Gaya Belajar VAK (Visual, Auditory, Kinestetik)

Yunianto, Aunia Dyna Fattavi (2024) Analisis Kemampuan Kognitif Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Gaya Belajar VAK (Visual, Auditory, Kinestetik). Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of AUNIA DYNA_18310050.pdf] Text
AUNIA DYNA_18310050.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis
kemampuan kognitif peserta didik berdasarkan Taksonomi Bloom yang memiliki gaya
belajar visual, auditory, dan kinestetik pada kelas VIII A SMP N 2 Pati. Terdapat 6 ranah
kognitif yakni mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan
mencipta. Subjek penelitian ini terdiri dari 32 siswa untuk diberikan angket gaya belajar dan
tes kemampuan kognitif dan diambil 3 siswa dengan nilai kemampuan kognitif tertinggi yaitu
1 siswa dengan gaya belajar visual, 1 siswa dengan gaya belajar auditory dan 1 siswa dengan
gaya belajar kinestetik. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket, tes
tertulis dan wawancara. Teknik Sampling yang digunakan adalah purposive sampling.
Triangulasi yang digunakan adalah Triangulasi teknik yaitu memperoleh data dari teknik
yang berbeda namun dengan perlakuan yang sama kepada peserta didik dengan tes tertulis
dan wawancara dengan soal dan pertanyaan yang sama. Adapun hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) Peserta didik dengan gaya belajar visual mampu mengingat,
memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan menciptakan dengan baik. Peserta
didik dapat menyelesaikan soal sesuai langkah, rumus yang tepat sehingga mendapatkan hasil
yang baik. (2) Peserta didik dengan gaya belajar auditory mampu mengingat, memahami,
menerapkan, menganalisis, dan menciptakan dengan baik. Tetapi peserta didik mengalami
kesulitan mengevaluasi pertanyaan. (3) Peserta didik dengan gaya belajar kinestetik mampu
mengingat, memahami, menerapkan dan mencipta dengan baik tetapi mengalami kesulitan
dalam mengevaluasi dan menganalisis jawaban yang diberikan. Oleh karena itu dapat
disimpulkan bahwa subyek dengan gaya belajar visual mampu memenuhi semua indikator
kemampuan kognitif. Subyek dengan gaya belajar auditory mampu memenuhi 5 dari 6
indikator kemampuan kognitif kecuali indikator mengevaluasi. Subyek dengan gaya belajar
kinestetik mampu memenuhi 4 dari 6 indikator kemampuan kognitif kecuali indikator
menganalisis dan mengevaluasi.
Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Taksonomi Bloom, Visual, Auditory, Kinestetik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 31 May 2024 07:54
Last Modified: 31 May 2024 07:54
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3725

Actions (login required)

View Item
View Item