NUGRAHANI, ARUM KUSUMA (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PKN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 07 BANYUMUDAL KECAMATAN MOGA KABUPATEN PEMALANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ARUM KUSUMA NUGRAHANI 19120326.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
ARUM KUSUMA NUGRAHANI. NPM 1912326. “Analisis Implementasi Nilai
Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar Negeri 07
Banyumudal Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. A.Y. Soegeng Ysh., M. Pd. Pembimbing II Eka
Sari Setianingsih, S. Pd., M. Pd. 2023.
Masalah utama yang mendorong dilakukannya penelitian ini adalah
rendahnya nilai karakter siswa yang dapat dilihat dari sikap siswa yang kurang
sopan, suka berkata kotor, kurangnya kejujuran dan disiplin siswa. Hal tersebut
sesuai dengan hasil observasi dan wawancara guru kelas yang menyebutkan bahwa
setiap harinya selalu ada satu atau lebih siswa yang datang terlambat dan tidak
mengerjakan tugas sekolah. Selain itu, di SD Negeri 07 Banyumudal juga sudah
melaksanakan implementasi nilai pendidikan karakter melalui berbagai macam
kegiatan, salah satunya dengan implementasi nilai karakter dalam kegiatan
pembelajaran di semua mata pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menganalisis implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan pembelajaran
PKn di SD Negeri 07 Banyumudal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif untuk menganalisis
implementasi nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Metode analisis data yang digunakan ada empat tahap yaitu pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Pendidikan Karakter
dalam pembelajaran PKn di kelas IV ini berpedoman pada modul ajar pembelajaran
PKn yang telah memuat nilai-nilai karakter di setiap langkah pembelajarannya.
Implementasi nilai karakter ini dilaksanakan dengan tiga tahapan yaitu tahap
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Nilai karakter yang terdapat dalam
pembelajaran PKn ini antara lain religius, toleransi, disiplin, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat atau
komunikatif, dan tanggung jawab.
Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat disampaikan adalah bagi
kepala sekolah dan guru untuk terus melakukan pengawasan dan peningkatan mutu
pendidikan di sekolah serta lebih memperhatikan siswa yang memiliki catatan sikap
untuk terus dibimbing agar siswa tersebut dapat memperbaiki sikapnya, salah
satunya dengan terus mengembangkan kegiatan-kegiatan implementasi nilai
pendidikan karakter yang sudah ada dan memberikan sosialisasi tentang pendidikan
karakter. Kemudian bagi peneliti selanjutnya dapat digunakan sebagai referensi
penelitian berikutnya dengan pembahasan yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 31 May 2024 06:59 |
Last Modified: | 31 May 2024 06:59 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3719 |