PENGEMBANGAN MODUL AJAR IPAS BERBASIS PENDEKATAN STEM PADA MATERI GAYA DI SEKITAR KITA UNTUK MEWUJUDKAN KREATIVITAS SISWA KELAS IV SDN KALISIDI 03 KAB. SEMARANG

ASMARA, ELSA ERI (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR IPAS BERBASIS PENDEKATAN STEM PADA MATERI GAYA DI SEKITAR KITA UNTUK MEWUJUDKAN KREATIVITAS SISWA KELAS IV SDN KALISIDI 03 KAB. SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ELSA ERI ASMARA.pdf] Text
ELSA ERI ASMARA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ELSA ERI ASMARA. NPM 20120158. “Pengembangan Modul Ajar IPAS
Berbasis Pendekatan STEM Pada Materi Gaya di Sekitar Kita untuk Mewujudkan
Kreativitas Siswa Kelas IV SDN Kalisidi 03 Kab. Semarang”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Semarang. 2024. Dosen Pembimbing I : Dr. Siti Patonah, M.Pd. Dosen
Pembimbing II : Sukamto, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah ditemukannya beberapa penemuan
dari analisis beberapa analisis kebutuhan, yaitu guru mengoptimalkan penggunaan
STEM dalam modul ajar khusunya pada modul ajar IPAS. Selain itu penulis juga
menemukan bahwa pada siswa kelas IV SDN Kalisidi 03 Kabupaten Semarang
kreatvitas dari siswa belum terlalu terlihat sehingga perlu adanya pengembangan
modul ajar IPAS yang berbasis pendekatan STEM agar dapat mewujudkan
kreativitas pada siswa kelas IV SDN Kalisidi 03 Kabupaten Semarang.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana karakteristik
pengembangan modul ajar IPAS berbasis pendekatan STEM pada materi gaya di
sekitar kita untuk meuwujudkan kreativitas pada peserta didik ? 2) Apakah modul
ajar IPAS berbasis pendekatan STEM pada materi gaya di sekitar kita untuk
mewujudkan kreativitas pada peserta didik yang dikembangkan memenuhi
kriteria valid ? 3) Apakah modul ajar IPAS berbasis pendekatan STEM pada
materi gaya di sekitar kita untuk mewujudkan kreativitas pada peserta didik yang
dikembangkan memenuhi kriteria praktis? 4) Apakah modul ajar IPAS berbasis
pendekatan STEM pada materi gaya di sekitar kita untuk mewujudkan kreativitas
pada peserta didik yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif ?
Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (RnD). Model
pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE oleh Dick
And Carry yang meliputi (Analysis, Design, Development, Implementation,
Evaluation). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa. Sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IV. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui
kegiatan dokumentasi, observasi, angket, dan hasil analisi uji coba.
Dari hasil penelitian dan pengembangan modul ajar IPAS berbasis
pendekatan STEM pada materi gaya di sekitar kita untuk mewujudkan kreativitas
siswa kelas IV di SDN Kalisidi 03 Kabupaten Semarang menunjukan sangat layak
digunakan sebagai referensi guru dalam mengajar dan dapat mewujudkan
kreativitas siswa dengan pendekatan STEM yang menggunakan metode PBL
(Problem Based Learning). Validasi modul ajar setelah diolah menggunakan
indeks aiken mendapatkan skor 0,96 % yaitu dengan kategori tinggi, efektif
modul ajar mendapatkan skor pada pembelajaran 1 sebessar 72% dan
pembelajaran 2 sebesar 91% dengan dinyatakan efektif dan kepraktisan 97%
modul ajar mendapatan skor dengan kategori sangat praktis. Sehingga peneliti
berharap modul ajar IPAS yang dikembangkan ini dapat digunakan secara baik
untuk pendidik di Indonesia.
Kata kunci : Modul Ajar, Pendekatan STEM, Kreativitas, IPAS

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 28 May 2024 04:04
Last Modified: 28 May 2024 04:21
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3710

Actions (login required)

View Item
View Item