Anggraeni, Dwi (2022) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa berdasarkan teori Van Hiele yang ditinjau dari gaya kognitif field
independent dan field dependent. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian
deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah siswa yang dipilih berdasarkan tes
GEFT yaitu 1 siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dan 1 siswa yang
memiliki gaya kognitif field dependent. Selanjutnya subjek diberi tes kemampuan
pemahaman konsep dengan materi segiempat dan segitiga. Untuk menguji kredibilitas
data dilakukan dengan wawancara. Teknik triangulasi menggunakan triangulasi waktu.
Kemampuan pemahaman konsep matematis subjek dideskripsikan melalui teori Van
Hiele yang memuat tingkat visualisasi, analisis, deduksi informal, dan deduksi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif field independent berada
pada tingkat deduksi informal yaitu dapat menyusun definisi suatu bangun berdasarkan
sifat – sifat antar bangun geometri sedangkan sisiwa dengan gaya kognitif field
dependent menunjukkan bahwa siswa belum mampu berada pada tingkat visualisasi.
Kata kunci : kemampuan pemahaman konsep; teori Van Hiele; field independent; field
dependen
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 07:32 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 07:32 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3693 |