SETIYONO, HENDRI (2022) PENGEMBANGAN MOBILE EDUKASI MATEMATIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL JAWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
Media edukasi merupakan kegiatan proses pembelajaran dan pelatihan
mengubah sikap dalam pendewasaan oleh kelompok. Sehingga tidak jarang para
siswa menggunakan kemajuan teknologi hanya untuk bermain tidak untuk belajar.
Dengan adanya mobile edukasi matematika dengan kearifan lokal jawa ini di
harapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi dengah mudah serta
meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah
untuk mengetahui valid, praktis, dan efektif untuk sebagai media pembelajaran
kepada anak dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode model ADDIE, yang mana tahapanya meliputi: tahapan analysis, design,
development, implementation dan evaluation. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa penilaian keefektifan dengan menggunakan Uji Statistik didapatkan hasil
nilai Signifikansi 0,541 sehingga termasuk dalam kriteria ”Cukup Efektif”
sedangkan untuk validasi ahli dengan didapatkan hasil rata-rata 75,38% sehingga
termasuk daam kriteria “Baik” digunakan. Kemudian hasil penilaian responden
dengan menggunakan skala guttman sebanyak 10 responden memperoleh hasil
rata-rata 97,7% yang termasuk dalam kritria “Sangat Baik” digunakan.
Kata Kunci: media edukasi, media pembelajaran, pengembangan media
matematika
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 07:32 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 07:32 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3692 |