PREPOSISI PADA TEKS PIDATO KARYA PESERTA DIDIK KELAS IXB SMP NEGERI 3 WELERI KENDAL TAHUN AJARAN 2020/2021

HANDAYANI, ZIANA DWI (2022) PREPOSISI PADA TEKS PIDATO KARYA PESERTA DIDIK KELAS IXB SMP NEGERI 3 WELERI KENDAL TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ZIANA DWI HANDAYANI 17410145.pdf] Text
ZIANA DWI HANDAYANI 17410145.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi minimnya keterampilan menulis dan
pemahaman peserta didik tentang preposisi pada teks pidato di SMP Negeri 3
Weleri. Melihat kondisi seperti itu perlu diupayakan pembelajaran untuk
keterampilan menulis preposisi pada teks pidato karya peserta didik kelas IXB
SMP Negeri 3 Weleri. Dengan kajian preposisi, harapannya penelitian ini dapat
memudahkan pembaca untuk mempelajari struktur dan kebahasaan teks pidato,
serta memudahkan peserta didik untuk memahami unsur kebahasaan teks pidato
yaitu kata tugas, khususnya preposisi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan
preposisi pada teks pidato karya peserta didik kelas IXB SMP Negeri 3 Weleri
Kendal tahun ajaran 2020/2021? Adapun tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan penggunaan preposisi pada teks pidato karya peserta didik kelas
IXB SMP Negeri 3 Weleri Kendal tahun ajaran 2020/2021.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif.
Teknik kualitatif digunakan untuk menganalisis hasil karya pesrta didik. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik simak dan catat.
Langkah-langkah yang digunakan dalam teknik kualitatif adalah meminta hasil
pekerjaan peserta didik kepada guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP
Negeri 3 Weleri Kendal. Pengumpulan data dilakukan dengan menyimak teks
pidato karangan peserta didik kemudian melakukan pencatatan dengan menandai
kata-kata yang mengandung preposisi.
Hasil penelitian ini adalah dari analisis akhir yang dilakukan ditemukan
beberapa peserta didik yang masih belum tepat menggunakan preposisi pada teks
pidato tersebut. Faktor penyebab kesalahan penggunaan preposisi yang telah
ditemukan adalah kekurang pahaman peserta didik terhadap pemakaian kata tugas
khususnya preposisi. Jumlah dan presentase penggunaan preposisi pada karya
peserta didik ini sangat variatif yang berjumlah 303 preposisi. Macam-macam
preposisi yang digunakan ialah: akan, pada, bagi, dari, dengan, di, ke, serta,
tanpa, dan untuk. Secara keseluruhan preposisi yang digunakan peserta didik
dalam menulis teks pidato adalah preposisi tunggal. Saran yang disampaikan
dalam penelitian ini adalah hendaknya dapat membantu dan memberikan
pengetahuan bagi peneliti lain yang akan membahas mengenai preposisi pada teks
pidato atau teks lainnya. Kemudian dapat dijadikan materi pembelajaran bagi guru
dan mempermudah peserta didik memahami preposisi pada teks pidato yang
disajikan.
Kata kunci: Preposisi, teks pidato.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:29
Last Modified: 22 Mar 2024 07:29
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3687

Actions (login required)

View Item
View Item