LUDFIANA, NILA AZIZATIL (2022) PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIS SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis
dan kreatif matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari
gaya berpikir. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek pada
penelitian ini merupakan 4 siswa kelas IX SMP Negeri 44 Semarang yang terdiri
dari 1 siswa dengan gaya berpikir sekuensial konkret (SK), 1 siswa dengan gaya
berpikir sekuensial abstrak (SA), 1 siswa dengan gaya berpikir acak konkret (AK)
dan 1 siswa dengan gaya berpikir acak abstrak (AA). Keempat subjek juga
memiliki kemampuan matematika yang setara. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu angket gaya berpikir, tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif
serta wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1)
kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa gaya berpikir SK
memenuhi dua indikator kemampuan berpikir kritis dan belum memenuhi
indikator kemampuan berpikir kreatif. (2) kemampuan berpikir kritis dan kreatif
matematis siswa gaya berpikir SA mampu memenuhi enam indikator kemampuan
berpikir kritis dan tiga kemampuan berpikir kreatif. (3) kemampuan berpikir kritis
dan kreatif matematis siswa gaya berpikir AK memenuhi enam indikator
kemampuan berpikir kritis dan dua memenuhi indikator kemampuan berpikir
kreatif. (4) kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa gaya berpikir
AA memenuhi tiga indikator kemampuan berpikir kritis dan satu memenuhi
indikator kemampuan berpikir kreatif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 07:27 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 07:27 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3685 |