ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI DESKRIPTIF PADA AKUN PRELOVED_VLNHAPPYSHOP SEMARANG)

Julita, Dona (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI DESKRIPTIF PADA AKUN PRELOVED_VLNHAPPYSHOP SEMARANG). Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Dona Julita 18220004.pdf] Text
Dona Julita 18220004.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dona Julita “Analisis Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram
(Studi Deskriptif Pada Akun Preloved_Vlnhappyshop Semarang).” Program Studi
Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan Universitas PGRI Semarang, 2022.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh para penjual produk fashion branded
preloved atau yang biasa dikenal sebagai thrift shop. Akun Preloved_Vlnhappyshop
yang memiliki pendapatan tidak stabil setiap bulannya, followers hanya melihat
story, dan menyukai postingan saja tetapi tidak banyak yang membeli. Tujuan
penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran dan dampak strategi
pemasaran melalui media sosial Instagram yang dilakukan preloved_vlnhappyshop
Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, peneliti
melakukan kegiatan dengan menguraikan data maupun fakta dengan menemukan
realita yang ada dan dilakukan secara terus menerus sejak awal sampai akhir
penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa strategi pemasaran melalui media
sosial Instagram untuk meningkatkan minat pembeli dengan mengupload foto
produk pada Instagram yang menarik, menjual produk yang berkualitas, mematok
harga sesuai dengan harga pasar dan keadaan produk, memberikan diskon,
melakukan endorse melalui selebgram, berlangganan paid promote pada Instagram,
membuka tempat usaha secara offline, menambah aplikasi jualan secara online
seperti Tokopedia, Lazada, Shopee dan mempekerjakan karyawan secara tetap.
Dampak strategi pemasaran yang dilakukan preloved_vlnhappyshop Semarang
dapat meningkatkan pendapatan dengan memperhatikan pengeluaran toko agar
tetap mendapatkan keuntungan yang diinginkan dengan mengatur atau
mengendalikan pengeluaran toko dengan membeli barang-barang yang benar-benar
penting dan dibutuhkan.
Kata kunci: Thrift Shop, Preloved, Strategi Pemasaran, Media Sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:19
Last Modified: 22 Mar 2024 07:19
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3676

Actions (login required)

View Item
View Item