PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU AKADEMIK DI SMP NEGERI 11 TEGAL

Utami, Hayati Budi (2022) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU AKADEMIK DI SMP NEGERI 11 TEGAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Utami, Hayati Budi. 2021. Tesis. Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu
Akademik Di SMP Negeri 11 Tegal. Progran Studi Manajemen
Pendidikan Program Magister Pasca Sarjana (S2) Universitas PGRI
Semarang
Mutu pendidikan mencakup input, proses, dan output pendidikan. Untuk
menghasilkan output yang berkualitas dalam suatu lembaga pendidikan ditentukan
oleh suatu manajemen yang baik. Mutu akademik merupakan capaian akademik
yang menunjukkan perolehan nilai hasil proses pembelajaran. Mutu akademik
yang dicapai oleh SMP Negeri 11 Tegal sangat membanggakan dikarenakan
adanya peran kepala sekolah sebagai manajer yang melaksanakan manajemen
dengan baik mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan sampai
dengan pengawasan dan juga pelaksanaan supervisi yang baik yang meliputi
perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi dan tindaklanjut supervisi.
Penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan dan menganalisis peran Kepala
Sekolah sebagai manajer dalam peningkatan Mutu Akademik di SMP Negeri 11
Tegal (2) Mendeskripsikan dan menganalisis peran Kepala Sekolah sebagai
supervisor dalam peningkatan Mutu Akademik di SMP Negeri 11 Tegal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan
di SMP Negri 11 Tegal pada bulan September 2021 sampai dengan bulan
Nopember 2021. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara,
observasi dan studi dokumentasi. Prosedur analisis data dengan reduksi data,
penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan subjek penelitian adalah kepala
sekolah, wakil kepala sekolah, guru, komite dan peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran kepala sekolah sebagai
manajer dilakukan secara terstruktur mulai dari perencanaan, pengorganisasian,
pelaksanaan dan pengawasan dengan melibatkan peran aktif kepala sekolah, wakil
kepala sekolah, guru, komite, dan peserta didik. 2) Peran kepala sekolah sebagai
supervisor sudah dilaksanakan dengan baik dan terstruktur mulai dari perencanaan
supervisi, pelaksanaan supervisi dan tindaklanjut supervisi. 3).dalam fungsi dan
tanggung jawab mutu akademik di sekolah menempatkan personal sesuai dengan
kompetensinya masing-masing. 3) kendala yang dialami diantaranya sangat
dibutuhkan peningkatan koordinasi masing-masing bidang, loyalitas yang tinggi,
kelengkapan administrasi dan sarana prasarana.
Peran kepala sekolah sebagai manajer dan supervisor dalam peningkatan
mutu akademik diperlukan dalam perubahan organisasi pendidikan. Hal ini
penting bagi inovasi organisasi dan adaptasi terhadap pelaksanaan manajemen.dan
supervisi. Dan mutu akademik akan menjadi realistik bila menempatkan mutu jasa
pelayanan pendidikan dan mutu lulusan yang sesuai dengan kebutuhan
masyarakat.
Kata-kata Kunci: Kepala Sekolah, Mutu Akademik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:18
Last Modified: 22 Mar 2024 07:18
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3672

Actions (login required)

View Item
View Item