PENERAPAN MEDIA VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP 2 KENDAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SARI, NAUTIKA NARITA (2022) PENERAPAN MEDIA VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP 2 KENDAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil keterampilan menulis teks
persuasi yang cukup rendah atau dibawah rata-rata 80 pada peserta didik
kelas VIII SMP 2 Kendal, disebabkan penggunaan media pembelajaran yang
belum maksimal dan masih bersifat satu arah. Melihat kondisi tersebut, perlu
diupayakan penggunaan media pembelajaran tertentu untuk menumbuhkan
motivasi peserta didik dalam pembelajaran menulis teks persuasi pada peserta
didik kelas VIII SMP N 2 Kendal. Salah satunya dengan penerapan media video
iklan layanan masyarakat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan
media video iklan layanan masyarakat dalam pembelajaran menulis teks persuasi
pada peserta didik kelas VIII SMP 2 Kendal tahun pelajaran 2018/2019?
Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan media
video iklan layanan masyarakat dalam pembelajaran menulis teks persuasi
pada peserta didik kelas VIII SMP 2 Kendal tahun pelajaran 2018/2019.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan
nontes yaitu berupa tes membuat teks persuasi dan lembar observasi.
Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP 2 Kendal Tahun
Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini
diambil dari kelas VIII I yang berjumlah 32 peserta didik sebagai kelas untuk
penelitian.
Data penelitian ini adalah nilai peserta didik menulis teks persuasi. Dari
hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks
persuasi memperoleh nilai dengan kategori baik. Hal tersebut dapat dilihat dari
nilai rata-rata peserta didik dalam menulis teks persuasi yaitu 85,15. Nilai
tersebut melampaui KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 80. Berdasarkan hal
tersebut, maka media iklan layanan masyarakat dapat diterapkan dalam
pembelajaran menulis teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMP N 2
Kendal.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah guru harus dapat memilih dan
memberikan variasi-variasi media pembelajaran yang tepat dan sesuai untuk
digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, salah satunya adalah media
video iklan layanan masyarakat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:56
Last Modified: 22 Mar 2024 06:56
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3638

Actions (login required)

View Item
View Item