Husna, Dina Amalia (2022) PENGARUH IKLAN, KONFORMITAS DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT DI KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Dina Amalia Husna 18220037.pdf
Download (2MB)
Abstract
Dina Amalia Husna, “Pengaruh Iklan, Konformitas dan Gaya Hidup
Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat di Kecamatan Kaliwungu Kabupaten
Kendal”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ilmu Pengetahuan
Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang. 2022. Penelitian
dilatarbelakangi oleh indikasi tingginya masyarakat di Kecamatan Kaliwungu
Kabupaten Kendal yang berperilaku konsumtif. Tujuan penelitian ini adalah: 1)
Menguji pengaruh iklan terhadap perilaku konsumtif masyarakat di Kecamatan
Kaliwungu Kabupaten Kendal, 2) Menguji pengaruh konformitas terhadap
perilaku konsumtif masyarakat di Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal, 3)
Menguji pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumtif masyarakat di
Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal, 4) Menguji pengaruh iklan,
konformitas dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif masyarakat di
Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif kausal yang bertujuan
untuk menunjukkan adanya pengaruh atau tidak antara variabel iklan, konformitas
dan gaya hidup terhadap variabel perilaku konsumtif. Pengumpulan data dalam
penelitian ini yaitu menggunakan data primer. Data primer disebarkan dan
diperoleh dari hasil survei menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 100
masyarakat Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini
berjumlah 4,902 sedangkan sampel dari penelitian ini 100 masyarakat Kecamatan
Kaliwungu Kabupaten Kendal. Teknik analisis data menggunakan regresi linier
berganda dengan melakukan uji asumsi klasik, uji t dan uji F.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh iklan, konformitas
dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif masyarakat di Kecamatan Kaliwungu
Kabupaten Kendal sebesar 83,3%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara
parsial: 1) iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif
masyarakat. 2) konformitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku
konsumtif mahsyarakat. 3) gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap
perilaku konsumtif mahsyarakat. 4) iklan, konformitas dan gaya hidup secara
simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif
masyarakat di Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal.
Kata Kunci : Iklan, Konformitas, Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 06:54 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 06:54 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3633 |